Dikmudora Kendari Salurkan Rp 360 Juta BOS Kinerja – Kendari Pos
Edukasi

Dikmudora Kendari Salurkan Rp 360 Juta BOS Kinerja

Hasyim, MM.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di tengah pandemi Covid-19 dengan memberikan bantuan, baik secara materil maupun finansial. Bantuan tersebut disalurkan melalui instansi pendidikan pada setiap daerah.

Dikmudora Kendari telah menerima bantuan dana BOS Kinerja sebulan Rp 360 juta. Penggelolaan bantuan ini tertuang dalam Permendikbud nomor 24 tahun 2020, tentang juknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS), kinerja dan BOS afirmasi.

Sekretaris Dikmudora Kendari, Drs. Hasyim, MM., mengungkapkan bantuan BOS kinerja merupakan program dari pemerintah pusat yang dialokasikan pada satuan pendidikan dasar dan menengah dengan tujuan untuk meningkatkan mutu serta layanan pendidikan sekolah.

“BOS kinerja sangat membantu sekali terutama dalam peningkatan sistem pembelajaran, karena bantuan ini digunakan untuk pembelian tab kepada sisiwa, agar bisa mengakses portal rumah belajar. Tentunya sangat tepat karena sistem belajar sekarang dilakukan secara virtual, dana ini bisa digunakan untuk pengadaan alat protokol kesehatan, demi mencegah penyebaran Covid-19,” ungkap Hasyim, kemarin.

Lanjut dia, sekolah yang mendapatkan bantuan BOS kinerja tahun ini hanya beberapa sekolah saja. Tentu saja SD dan SMP yang menerima bantuan telah dinyatakan memenuhi kriteria penerima bantuan tersebut.

“Tahun ini ada enam sekolah yang mendapatkan bantuan masing-masing menerima anggaran Rp 60 juta, mulai dari sekolah negeri dan swasta, yaitu SDN 75 Kendari, SMPN 6 Kendari, SMPN 16 Kendari, SMPN 20 Kendari, SMPN 21 Kendari, dan SMPS Barakati. Sekolah-sekolah inilah yang berhasil mendapatkan bantuan sehingga diharapkan melalui anggaran ini bisa lebih menunjang sistem pembelajaran serta sarana dan prasarana sekolahnya,” bebernya.

Dijelaskan bahwa setiap penerima Bantuan Dana BOS Kinerja ini harus me menuju syarat yang telah ditentukan tim pusat. Ada beberapa tahapan administrasi yang harus dipenuhi sekolah berdasarkan data fisik sekolah.

“Sebenarnya syaratnya hampir sama dengan tahun kemarin, tahun ini ada sedikit tambahan penilaian khusus. Dimana lebih diutamakan sekolah-sekolah yang siswanya secara ekonomi kurang mampu. Hal ini menjadi dasar, karena sistem pembelajaran dilakukan secara virtual, dan pastinya mereka tidak memiliki akses untuk melakukan hal itu. Sehingga poin itu menjadi paling utama, agar bisa mendapatkan bantuan BOS kinerja,” tutup Hasyim. (m5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy