Dianggap Lalai Tunaikan Kewajiban, Dewan Usul Kerjasama PT Kurnia Diputuskan – Kendari Pos
Metro Kendari

Dianggap Lalai Tunaikan Kewajiban, Dewan Usul Kerjasama PT Kurnia Diputuskan


KENDARIPOS.CO.ID — Dewan mendesak Pemkot Kendari segera mengambil sikap tentang pengelolaan Pasar Basah Mandonga. Jika dibiarkan, persoalan ini akan menjadi bumerang bagi pemerintah. Apalagi persoalan ini tak menyangkut kelalaian pengelola, PT Kurnia menuaikan kewajibannya, namun sudah merembet ke pedagang.

Andi Sulolipu

Ketua Komisi II DPRD Kendari, Andi Sulolipu mengatakan permasalahan yang terjadi di Pasar Basah Mandongga yang melibatkan pihak pengelola, pedagang pasar bahkan sampai pemerintah, haruslah ditindak cepat. Untuk itulah, ia meminta pemerintah cepat melakukan pemanggilan.

“Kami mendukung rencana pemerintah melakukan evaluasi. Saya pikir pemkot tidak perlu berlama-lama menentukan. Apakah kontrak tetap dilanjutkan sampai 2023 atau diputus,” beber Andi Sulolipu saat ditemui Kendari Pos, Senin (19/10).

Dengan track record pengelolan, Andi mengusulkan Pemkot tidak lagi melanjutkan kontrak dengan PT Kurnia. Pasalnya, banyak ditemukan pelanggaran yang dilakukan PT Kurnia selama 14 tahun mengelola Pasar Basah Mandonga.

“Mulai dari tidak melakukan perbaikan fasilitas pasar yang rusak yang seharunsya menjadi kewajiban pihak pengelola, mempihak ketigakan pengelolaan parkir dan tidak memberikan sumbasih Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi pemkot sejak awal mengelola pasar pada tahun 2006 hingga 2020,” jelas Andi.

“Kami harap, evaluasi kepada PT Kurnia yang katanya akan dilakukan pemkot bisa segera diputuskan, dan pelangaran-pelamgaran yang disebutkan, bisa menjadi pertimbangan untuk tidak lagi melanjutkan kontrak dengan PT Kurnia,” tegasnya.

Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir mengatakan akan melakukan evaluasi terhadap pengelola. Hasil evaluasi inilah yang menjadi rujukan Pemkot memutuskan pengelolaan pasar. “Nanti kita lihat. Urusan putus memutus ini gampang sebenarnya. Tapi kan kita ingin Win-win Solution untuk semua pihak baik itu bagi pedagang, pengusaha, dan pemkot. Tentu kita akan menjadi fasilitator untuk semua pihak,” kata Sulkarnain. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy