Buton Utara Terima Penghargaan Menkeu – Kendari Pos
Nasional

Buton Utara Terima Penghargaan Menkeu


KENDARIPOS.CO.ID — Tata kelola keuangan dan aset daerah Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) dalam kendali Bupati Butur, Abu Hasan mendapat apresiasi berupa sertifikat penghargaan dari Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani. Apresiasi itu diberikan atas pencapaian predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2019.

Asisten III Bidang Keuangan Setda Butur, Mansyur (kanan) menerima piagam penghargaan dari Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani atas capaian WTP yang diraih Pemkab Butur

Piagam dan plakat penghargaan diserahkan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baubau, Nazuar kepada Asisten III Setda Butur, Mansyur, Kamis (22/10). Mansyur mengungkapkam, piagam atas raihan WTP merupakan hasil kinerja kolektif seluruh perangkat daerah dalam menyajikan laporan keuangan sesuai standar akuntansi dan inventaris aset ditertibkan dengan baik. Atas kinerja itu Butur meraih WTP tiga kali secara beruntun.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan (BKD) Butur, Tasir mengatakan, penghargaan atas capaian WTP telah diumumkam jauh hari sebelumnya. Hanya saja, penyerahan sertifikat baru sempat dilaksanakan. Pemkab Butur tercatat sudah tiga kali meraih opini WTP secara beruntun. Tentunya, prestasi tersebut tidak mudah diraih. Sehingga ke depan harus tetap dipertahankan.

“Dan itu keterlibatan semua SKPD. Bukan keberhasilan sendiri Badan Keuangan, Inspektorat dan bupati. Ini adalah keterlibatan semua SKPD, termasuk DPRD, dan juga masyarakat. Ini Keberhasilan kita semua,” ungkap Tasir.

Mantan Kepala DPMD Butur itu menambahkan laporan keuangan Pemkab Butur tahun 2019 disusun terdiri dari tujuh jenis. Diantaranya neraca per 31 Desember, laporan operasional, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan. “Pemeriksaan terhadap laporan tersebut, dilakukan secara terinci oleh BPK RI dengan memperhatikan prinsip kesesuaian standar akuntansi pemerintah (SAP), kecukupan pengungkapan (bukti-bukti), efektivitas sistem pengendalian intern (SPI) dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan,” tandas Tasir. (had/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy