Bupati Kolut Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana – Kendari Pos
Nasional

Bupati Kolut Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

KENDARIPOS.CO.ID — Kinerja Bupati Kolaka Utara (Kolut), Nur Rahman Umar beserta jajaran diapresiasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat. Mereka dianggap berhasil mendukung dan merealisasikan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana). Atas kerja keras dan kerja cerdasnya, Bupati Nur Rahman diganjar penghargaan Manggala Karya Kencana.

Bupati Kolaka Utara (Kolut), Nur Rahman Umar dan Ketua TP Penggerak PKK Kolut, Hj. A. Nurhayani Rahman menerima penghargaan dari BKKBN Pusat yang diserahkan Kepala Perwakilan BKKBN Sultra, Drs. Asmar di Aula Kantor Bupati Kolut, kemarin (13/10).

Selain apresiasi untuk bupati, petugas lapangan yang konsen di bidang tersebut juga diberi bantuan motor dinas. Penghargaan tersebut diserahkan Kepala Perwakilan BKKBN Sultra, Drs. Asmar kepada Bupati Kolut Nur Rahman Umar di Aula Kantor Bupati Kolut, kemarin (13/10). Ketua TP Penggerak PKK Kolut, Hj. A. Nurhayani Rahman turut mendampingi.

Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk. BKKBN Pusat menilai, Pemkab Kolut sangat berhasil mendukung program tersebut. “Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada Bupati Kolut beserta jajaran. Sebab, selama ini mereka telah mendukung secara maksimal program yang dicanangkan BKKBN,” ungkap Asmar.

Sementara itu, Bupati Kolut, Nur Rahman Umar mengungkapkan, prinsipnya penghargaan itu untuk semua pihak yang telah berkontribusi dalam mendukung program BKKBN. Mereka itu seperti organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, PKB atau PLKB, pemerintah kelurahan hingga kecamatan dan seluruh masyarakat Kolut yang ikut terlibat menyukseskan.

Lanjut dia, Program Bangga Kencana sebenarnya belum maksimal dilaksanakan. Namun karena kerja keras dan ketabahan menjalankan tanggung jawab itulah, sehingga mendatangkan apresiasi dari BKKBN. “Hakekatnya penghargaan ini bukan hanya untuk bupati maupun Ketua Tim Penggerak PKK. Tapi juga untuk seluruh masyarakat Kolut,” ungkap Nur Rahman kepada Kendari Pos.

Pemkab dan Penggerak PKK, kata dia, terus berkomitmen memberikan perhatian lebih terkait pelaksanaan Bangga Kencana. Melalui kesempatan itu, para penyuluh mendapat jatah 17 unit kendaraaan roda dua melalui DAK. “Saya berharap, bantuan ini bisa menjadi stimulus untuk bekerja lebih semangat lagi,” harapnya.

Terkait Kampung KB, berupa pembangunan “rumah data” di setiap kecamatan, lanjut Nur Rahman, tahun ini baru terealisasi dua unit dari tiga yang direncanakan. Grand design pembangunan kependudukan 2021 telah direncanakan penyusunan anggarannya. “Terima kasih untuk semua yang telah bekerja keras mendongkrak citra kinerja Pemkab Kolut di mata pemerintah pusat,” imbuhnya. (b/rus)

Kerja Nyata Berbuah Prestasi

*Pemkab Kolut Diapresiasi BKKBN Pusat
-Terima penghargaan Manggala Karya Kencana
-Dianggap berhasil sukseskan program BKKBN
-Khususnya program Bangga Kencana
-Tenaga penyuluh KB dapat 17 kendaraan operasional

*Elemen Program Bangga Kencana
-Peningkatan kesetaraan ber-KB
-Pemakaian metode kontrasepsi jangka panjang
-Menurunkan angka unmeet need (peserta yang tidak mendapatkan pelayanan KB)
-Pembinaan keluarga sehat
-Penguatan kelompok kegiatan BKB, BKR, BKL, PIK L dan UPPKS

*Tentang Manggala Karya Kencana
-Penghargaan tertinggi Pemerintah Pusat melalui BKKBN kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk

Sumber Data: Diolah Kendari Pos

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy