BLT Dana Desa Rp 17,4 Triliun Tersalurkan


KENDARIPOS.CO.ID – -Gerak nyata dilakukan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ( Mendes PDTT) dalam realisasi penyaluran bantuan. Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar menyebut telah menyalurkan dana desa sebesar Rp 17,4 triliun untuk kepentingan bantuan langsung tunai (BLT).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar yang akrab disapa Gus Menteri.

Dalam jumpa pers yang digelar virtual, Rabu (21/10), pria yang karib disapa Gus Menteri itu menyebut penyaluran tersebut dilakukan secara bertahap sampai dengan Oktober ini. “Sejauh ini, dari laporan yang sudah masuk, dana desa untuk BLT sampai dengan 20 Oktober sudah tersalurkan Rp 17,4 triliun,” katanya.

Tak hanya itu saja, menteri asal Jombang tersebut juga merinci penggunaan dana desa untuk kepentingan lainnya. Antara lain, Dana desa untuk kepentingan desa tanggap COVID-19 sebesar Rp 3,17 triliun, untuk padat karya desa Rp 8,5 triliun. Rincian penggunaan itu ada juga untuk pembangunan infrastruktur lainnya Rp 4,09 trililun. Sehingga, lanjut dia, dana desa yang tersisa saat ini sebesar Rp 37,9 triliun.

“Dari sejumlah itu, sekitar Rp 10,978 triliun ini nanti jatah target capaian penyaluran BLT dana desa sampai dengan Desember 2020,” papar dia. Sampai dengan 20 Oktober 2020 dana desa yang masih bisa digunakan sebesar Rp 26,9 triliun. Dana tersebut, akan dimaksimalkan untuk program padat karya tunai desa produktif. (dkk/jpnn)

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.