Bawaslu Wakatobi Gelar Rakor Pengawasan Partisipasi Rekapitulasi DPS Hasil Perbaikan – Kendari Pos
Politik

Bawaslu Wakatobi Gelar Rakor Pengawasan Partisipasi Rekapitulasi DPS Hasil Perbaikan

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Wakatobi menggelar Rapat Koordinasi (rakor) pengawasan partisipatif dalam rangka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementra Hasil Pemutakhiran (DPSHP) jelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Wakatobi 2020. Selain Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wakatobi, Bawaslu juga menghadirkan Staf Bagian Pengawasan Biro TP3 Bawaslu RI, Herry Cahyono serta Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Wakatobi, Abdul Rahim sebagai pemateri.

Komisioner KPU Wakatobi, La Ode Ahmadi mengungkapkan, kegiatan ini dalam rangka mengoptimalkan pengawasan tahapan Pilkada. Acara yang dihadiri 30 orang dari Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) hingga unsur media ini, mengulas sejumlah permasalahan serta perbedaan data antara DPS dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilihan legislasi tahun 2019 lalu. Serta data wajib Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) Wakatobi yang berbeda jauh dengan angka DPS.

Menurut Ahamdi, berdasarkan hasil uji publik per tanggal 28 September tahun 2020 sebanyak 73.850 pemilih dari 73.713 pemilih DPS telah ditetapkan sebelumnya. “Sementara hasil perbaikan DPS per tanggal 3 Oktober tahun 2020 sebanyak 73.805 pemilih dari 73.713 pemilih DPS. Ini data yang kami himpun sampai hari ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dukcapil Wakatobi, Abdul Rahim menuturkan terdapat perbedaan data antara DPS dan wajib KTP. Nah ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal ini. Salah satunya ada masyarakat yang sudah meninggal dunia tapi tidak dilaporkan sehingga datanya masih ada di server. “Kami akan menghapus data yang bersangkutan kecuali ada laporan resmi yang didukung admintrasi yang lengkap. Sehingga memang akan ada perbedaan data itu. Intinya kita butuh kesadaran masyarakat kita untuk melaporkan hal-hal seperti ini. Kalau kita semua tertib administrasi saya kira data kita akan sinkron,” terang Rahim.

Di tempat yang sama, Staf Bagian Pengawasan Biro TP3 Bawaslu RI, Herry Cahyono meminta kepada OKP, unsur pers hingga masyarakat agar melaporkan hal-hal yang dinilai janggal di lapangan ke pihak Bawaslu. Baik itu data, dugaan pelanggaran ASN hingga pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu sendiri.

Sekedar diketahui, kegiatan ini dibuka secara remsi oleh Ketua Bawaslu Wakatobi, La Muhammad Arifin yang didampingi komisioner Bawaslu Wakatobi, Arfis dan La Ode Januria. Bawaslu mengapresiasi kegiatan yang berlangsung sesuai protokol covid-19 ini. Peserta yang hadir dinilai cukup antusias dalam mengikuti kegiatan hingga akhir. (thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy