Bawaslu Tertibkan 4.101 APK di Empat Kabupaten

KENDARIPOS.CO.ID — Bawaslu Sultra menertibkan 4.101 Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang secara serampangan di empat kabupaten dari tujuh kabupaten Pilkada. Rinciannya Konawe Kepulauan 2.305, Wakatobi 8.31, Konawe Selatan 8.00, dan Konawe Utara 2.65.

Munsir Salam

Ketua Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Sultra Munsir Salam mengatakan APK yang ditertibkan karena pemasangannya tak mengikuti PKPU Nomor 11 tahun 2020. Lembaganya telah melakukan sosialisasi dan edukasi, baik kepada paslon, tim pendukungnya maupun kepada masyarakat tentang prosedural pemasangan APK.

Ia mengungkapkan kuantitas APK yang telah dipasang oleh paslon mengikuti ketentuan yang ada sebanyak 62 buah. Ini sesuai hasil laporan pemantauan petugas di lapangan. Jika ditemukan APK yang dipasang tidak mengindahkan aturan, maka pihaknya akan melakukan penertiban.

“Jika ada yang melanggar, maka aturan akan ditegakkan. Tidak pandang bulu pelaku dari paslon manapun,”kata Munsir Salam kepada Kendari Pos, Senin (19/10). APK paslon yang sudah diterbitkan tersebut, kata dia, tersebar di empat daerah. Khusus Muna, Buton Utara, dan Kolaka Timur masih menunggu laporan dari masing-masing Bawaslu daerah setempat.

“Pengawasan terhadap pemasangan APK masih akan terus berjalan. Dan kami memiminta kepada paslon dan tim pendukungnya agar memperhatikan regulasi, jika hendak memasang APK,”pintanya. (m6/b).

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.