Bawaslu Terima 105 Permohonan Sengketa Pilkada – Kendari Pos
Politik

Bawaslu Terima 105 Permohonan Sengketa Pilkada

KENDARIPOS.CO.ID — Pasca penetapan pasangan calon (paslon) Pilkada Serentak 2020, Bawaslu telah meregister 59 permohonan penyelesaian sengketa yang diajukan bakal paslon yang gagal lolos. Hingga kemarin, total permohonan penyelesaian sengketa mencapai 105 kasus.

“Sengketa paling banyak terjadi di 91 kabupaten, 12 kota dan 2 provinsi,” kata Anggota Bawaslu Rahmat Bagja. Bagja menambahkan, sebanyak 99 permohonan diajukan secara langsung dengan mendatangi kantor Bawaslu di daerah. Sedangkan 6 permohonan melalui Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS). “Jumlah tersebut sangat timpang. Padahal Bawaslu sudah mempersilakan peserta ataupun tim kampanye untuk ajukan permohonan via daring,” tuturnya.

SIPS dengan permohonan daring tujuannya supaya memutus penyebaran covid-19 dengan mengurangi kegiatan tatap muka.Menurutnya kehadiran SIPS merupakan salah satu cara Bawaslu untuk adaptasi dengan kondisi pandemi saat ini.

Dengan perubahan beberapa kebiasaan oleh penyelenggara pemilu, Bagja menekankan permohonan sengketa secara daring merupakan cara untuk peserta pilkada, tim pemenangan dan stakeholder terkait dalam upaya mendapatkan keadilan dalam pesta demokrasi. “Kami ingin memastlkan penyelenggara, peserta, pendukung dan pemlllh menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan penggunaan teknologl informasi yang sesual dengan kondisi geografis,” tuturnya.

Terpisah, Anggota Komisi II DPR RI Teddy Setiadi menerima aspirasi dari Forum Alumni Perguruan Tinggi Indonesia (FAPI) terkait pelaksanaan Pilkada 2020 lewat daring. “Kami memberi kesempatan kepada beragam kalangan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi mereka. Memang, biasanya kami membuka di hari Selasa dan Jumat, tetapi tidak menutup kemungkinan di hari-hari lainnya,” katanya. (fin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy