Bawaslu Muna Terima 51 Aduan Netralitas ASN – Kendari Pos
Politik

Bawaslu Muna Terima 51 Aduan Netralitas ASN

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah aparatur sipil negara (ASN) diduga terlibat politik praktis di Muna terus bertambah. Bawaslu setempat sudah menerima aduan sebanyak 51 orang dan 38 di antaranya telah direkomendasikan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Ketua Bawaslu Muna Al Abzal Naim

Ketua Bawaslu Muna Al Abzal Naim menerangkan, beberapa di antara aduan tersebut sudah diproses dan sisanya sedang dalam kajian. Materi pelanggaran yang diadukan bermacam-macam mulai dari keterlibatan dalam mobilisasi kampanye hingga unggahan di media sosial. Pelapor juga rata-rata menyertakan bukti berupa jejak digital maupun dokumentasi foto ataupun audio visual. “Rentang waktu aduan sejak tahapan Pilkada dimulai,” kata Bram, sapaan karibnya.

Bram menerangkan, lembaganya termasuk yang paling banyak mendapat aduan perihal dugaan pelanggaran netralitas ASN. Para pamong negara itu tak hanya berasal dari Pemkab Muna melainkan pula Pemkab Muna Barat bahkan hingga pemerintah pusat. Termasuk pula di antaranya seorang petinggi salah satu perguruan tinggi negeri di Sultra. “Ada juga aparat desa sampai birokrat kampus. Materinya aduan juga bermacam-macam,” paparnya.

Lembaganya selalu memroses seluruh aduan yang disampaikan masyarakat. Sebelum diputuskan memenuhi unsur dugaan pelanggaran, Bawaslu mengedepankan prinsip klarifikasi dan memeriksa bukti secara teliti. Kendati demikian, lembaganya tidak dalam kapasitas memvonis pelanggaran ASN. Seluruh aduan yang memenuhi cukup bukti direkomendasikan ke KASN sebagai lembaga berwenang memutus pelanggaran berdasarkan ketentuan perundang-undangan.

“Kami hanya menunggu hasil rekomendasinya. Seperti apa bentuk tindak lanjutnya, ditentukan oleh KASN sendiri,” paparnya. Katanya, Bawaslu tetap akan memantau seluruh ASN selama pelaksanaan Pilkada. Sikap para abdi negara itu sudah digariskan netral sesuai Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 dan peraturan pemerintah nomor 42 tahun 2014. Jika ditemukan pelanggaran, ASN akan disanksi sesuai ketentuan yang berlaku. “Ancamannya tidak main-main. Makanya kami harap ASN benar-benar netral agar Pilkada berjalan adil,” pungkasnya. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy