Bawaslu Konut Butuh 199 Pengawas TPS – Kendari Pos
Politik

Bawaslu Konut Butuh 199 Pengawas TPS

KENDARIPOS.CO.ID — Bawaslu Konawe Utara (Konut) merekrut 199 calon pengawas tempat pemungutan suara (TPS). Jumlah pengawas yang bertugas menjaga TPS saat hari pemungutan suara itu sesuai dengan banyaknya TPS Pilkada Konut.

Informasi itu disampaikan oleh Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Konut, Hartian, (21/10). Saat ini proses perekrutan pengawas TPS sementara berlangsung. Sesuai dengan petunjuk teknis, minimal pendaftar pengawas TPS dimungkinkan dua pelamar. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bila pengawas TPS yang ditugaskan ada kendala yang didapatkan.

“Ini mengantisipasi pada hari H, pengawas TPS yang satu orang berhalangan atau sakit. Nah, kalau hanya satu yang mendaftar siapa yang akan menggantikan pada hari H, minimal ada istilah Pergantian Antar Waktu (PAW),”ujarnya. Nantinya, pengawas TPS yang sudah direkrut akan bekerja sesuai dengan juknis. Di antaranya mengawasi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan perhitungan suara, mengawasi pergerakan hasil perhitungan suara dari TPS ke Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Selain tugas itu, kata, Hartian, mereka juga berwenang menyampaikan keberatan dalam hal ditemukan dugaan pelanggaran dan atau penyimpangan administrasi pemungutan dan perhitungan suara. Menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan perhitungan suara.

“Pengawas TPS juga memiliki kewajiban menyampaikan laporan hasil pengawasan, pemungutan dan perhitungan suara pada Panwaslu kecamatan, kelurahan dan desa. Termasuk melakukan pengawasan terhadap aktivitas pemilu maupun pihak-pihak yang dilarang terlibat langsung,”pungkasnya. (min/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy