Bangun Politeknik, PT VDNI Donasikan Rp 20 Miliar – Kendari Pos
Nasional

Bangun Politeknik, PT VDNI Donasikan Rp 20 Miliar

KIENDARIPOS.CO.ID — PT VIRTUE Dragon Nickel Industry (VDNI) menaruh perhatian serius dalam hal peningkatan kompetensi pekerja di sektor pertambangan. Perusahaan pengolahan bijih nikel itu, siap mendirikan Politeknik sebagai tempat menimba ilmu bagi tenaga kerja lokal (TKL) spesifikasi non skill. PT VDNI mendonasikan duit sebesar Rp 20 Miliar untuk mewujudkan keinginan mendirikan perguruan tinggi setara Diploma-3 (D-3) di kompleks perusahaan setempat. General Manager (GM) PT VDNI, Tony Zhou, mengatakan,Politeknik VDNI akan menjadi pusat transfer inovasi dan teknologi pengetahuan khususnya sektor pertambangan berbasis nikel. Selain bagi TKL non skill, kampus itu juga diperuntukkan bagi masyarakat umum. “Politeknik VDNI bakal menghasilkan lulusan dengan spesifikasi Diploma III. Mudah-mudahan pembangunan kampus ini tidak menemui kendala berarti,” ujar Mr Tony Zhou, Kamis (29/10), saat seremoni pembukaan pembangunan Politeknik VDNI di kompleks perusahaan setempat.

Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara (kanan) dan GM PT VDNI Mr. Tony Zhou (kiri) beserta tamu undangan pembukaan pembangunan Politeknik VDNI

Bangunan kampus itu didesain tiga lantai dengan anggaran Rp 20 Miliar. Target penyelesaian pembangunan kampus itu hanya enam bulan saja. “Semoga pembangunan ini bisa berjalan lancar. Terima kasih atas dukungan semua pihak terhadap pembangunan Politeknik VDNI,” tambahnya.
Salah satu alasan VDNI mendirikan kampus Politeknik, sambung Toni, tak lain sebagai sarana transfer pengetahuan pekerja lokal untuk meningkatkan skill. Kemampuan yang mumpuni dari para pekerja tambang, menurut Toni, memiliki dengan minat investor dalam menanamkan
modalnya di PT VDNI. Skill pekerja yang mumpuni bisa menarik perhatian investor untuk berinvestasi lebih besar di perusahaan tersebut. “Kita berharap, hal ini menjadi start untuk transformasi skill. Sebab, kami hadir disini tidak untuk beroperasi 5 atau 10 tahun, namun dalam waktu lama hingga ratusan tahun,” terangnya.

Menurutnya, keberadaan VDNI cukup dirasakan manfaatnya oleh penduduk lokal bahkan yang berasal dari luar Sultra. VDNI menciptakan lapangan kerja yang luar biasa besar bagi masyarakat. Saat ini, sudah menyerap lebih dari 20. 000 pekerja. Sejak berdiri lima tahun silam, warga di areal kompleks perusahaan yang awalnya tak mempunyai pekerjaan tetap, diprioritaskan untuk direkrut PT VDNI.
“Masyarakat disini dulunya hanya mengurus kebun dan empang. Namun sekarang, mereka sudah punya pekerjaan tetap. Akses jalan juga sudah banyak yang kita buka. Ini tanda yang sangat baik untuk kemajuan daerah,” ungkapnya.

Dalam kurun waktu 10 tahun mendatang, Toni menambahkan, VDNI memiliki impian menjadi perusahaan terbesar di dunia untuk bidang stainless steel. Sehingga untuk mempersiapkan itu, Politeknik VDNI menjadi rujukan yang tepat bagi pekerja dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pekerja lokal. “Saya yakin dengan kerjasama yang kuat, kita dapat mewujudkan semua impian tersebut,” tandasnya. (adi/adv).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy