ASN Tak Boleh Hindari Tes Swab – Kendari Pos
Metro Kendari

ASN Tak Boleh Hindari Tes Swab

KENDARIPOS.CO.ID — Tracing terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkot Kendari yang terpapar covid-19 mendapat dukungan dari lembaga perlemen. Dewan menilai skrining melalui swab antigen efektif mencegah timbulnya klaster baru di perkantoran. Untuk itulah, dewan meminta ASN tidak menolak atau sengaja menghindari swab test.

Untuk mencegah penyebaran covid-19 di perkantoran, Pemkot Kendari diwajibkan seluruh ASN mengikuti tes swab. Salah seorang ASN melakukan tes swab di pelataran RSUD Kota Kendari kemarin

Ketua Komisi II DPRD Kendari, Andi Silolipu mengatakan pemeriksaan harus dilakukan secara menyeluruh. Yang mana, pemerintah harus memastikan semua ASN ikut berpartisipasi. “Biasa saja, ada ASN yang menghindar. Mereka sengaja sembuyi atau tidak berkantor agar tidak dites. Olehnya, harus dipastikan seluruh ASN ikut tes tanpa ada yang terlewat, ” ujar Andi Silolipu kepada Kendari Pos, Jumat (9/10)

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuagan (PDI-P) ini pun mendukung langkah Pemkot Kendari dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Kendari. Apalagi tracing yang dilakukan pemerintah tidak hanya sebatas ASN saja, tetapi juga klaster swasta dan perbankan akan ikut di tes.

“Ini langkah yang cukup baik dalam menanggapi semakin bertambahnya jumlah positif Covid-19 di Kendari. Pasalnya, kebijakan melacak orang-orang yang berpotensi terpapar Covid-19 merupakan langkah yang tepat saat ini,” terang Andi.

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Pemkot Kendari, klaster swasta memiliki presentase cukup besar terjadinya penularan Covid-19 yaitu 30 persen. Jumlah itu jauh lebih besar dibandingkan ASN sebesar 24 persen.

“Kita akan terus melakukan tracing. Karena hasil evaluasi ternyata, ada 24 persen pasien yang tertagani itu berasal dari ASN (klaster perkantoran). Nanti kalau ASN sudah selesai, kita akan lanjutkan ke klaster lainya yang jumlahnya cukup besar yaitu klaster swasta sebesar 33 persen,” kata Sulkarnain Kadir, Wali Kota Kendari. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy