“Aromaterapi Publik” Rujukan Atmosfer Positif, Oleh : Dr. Dewi Maharani, S.IP., M.Si – Kendari Pos
Opini

“Aromaterapi Publik” Rujukan Atmosfer Positif, Oleh : Dr. Dewi Maharani, S.IP., M.Si

KENDARIPOS.CO.ID — Saat ini, berbagai isu sangat mudah masuk dan terserap publik. Apapun topiknya. isu adalah suatu hal yang terjadi, baik di dalam maupun luar organisasi. Apabila tidak ditangani secara baik akan memberikan efek negatif terhadap organisasi dan berlanjut pada tahap krisis. Dalam kamus Bahasa Indonesia, kata krisis adalah keadaan berbahaya (dalam menderita sakit); parah sekali, keadaan genting; kemelut, keadaan suram (tentang ekonomi, moral, dan sebagainya).

Dr. Dewi Maharani, S.IP., M.Si Dosen Pascasarjana Universitas Majalengka

Dalam kajian sastra, krisis didefinisikan sebagai saat yang menentukan di dalam cerita atau drama ketika situasi menjadi berbahaya dan keputusan harus diambil. Dalam konteks politik, didefinisikan sebagai konfrontasi yang intensif dan dahsyat yang terjadi dalam waktu singkat dan merupakan ganti peperangan dalam era nuklir.

Dengan kata lain, isu bisa dikategorikan rumor atau desas-desus adalah suatu konsekuensi atas beberapa tindakan yang dilakukan satu atau beberapa pihak yang dapat menghasilkan negosiasi dan penyesuaian sektor swasta, kasus pengadilan sipil atau kriminal atau dapat menjadi masalah kebijakan publik melalui tindakan legislatif atau perundangan menurut Hainsworth. Sedangkan menurut Barry Jones dan Chase, isu adalah sebuah masalah belum terpecahkan yang siap diambil keputusannya.

Isu merepresentasikan suatu kesenjangan antara praktik korporat dengan harapan-harapan para stakeholder (dalam Wikipedia Indonesia). Terkait dengan konsep kata krisis, maka publik sangat perlu berhati-hati dalam mengangkat isu yang belum pasti kebenarannya atau yang saat ini terkenal dengan istilah hoax. Sebab, akan membawa dampak negatif bagi pendengar, terutama kepada penyebar. Hoax adalah informasi palsu, berita bohong, atau fakta yang diplintir atau direkayasa untuk tujuan lelucon hingga serius (politis). Secara bahasa hoax (synonyms: practical joke, joke, jest, prank, trick) adalah lelucon, cerita bohong, kenakalan, olokan, membohongi, menipu, mempermainkan, memperdaya dan memperdayakan.

Jika masyarakat tidak hati-hati memahami dan menyikapi berita hoax akan berdampak pada dirinya sendiri. Dampak yang ditimbulkan adanya berita hoax akan sangat luar biasa antara lain: berupa dampak sosial, ekonomi, politik, keamanan dan yang lebih besar adalah bisa mengancam keutuhan negara. Penyebaran berita hoax sering terjadi di media sosial dan mempengaruhi pola pikir masyarakat. Apalagi jika isu tersebut terkait dengan hal-hal yang ter-viralkan oleh media sosial baik online maupun offline.

Akan sangat mudah publik memberikan penilaian tanpa alasan yang pasti dan tidak jarang dengan sangat mudahnya beralibi dan memberikan penilaian positif maupun negatif terhadap isu tersebut. Sisi bijak publik akan sangat teruji, manakala menyikapi berbagai isu tersebut, yang jelas akan berdampak signifikan terhadap kelangsungan imunitas yang terdapat dalam tubuh kita. Sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Imunitas tubuh harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit.

Daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik, dapat melindungi kita sejak pertama kali kuman (virus) penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting agar kita terhindar dari sakit dan tubuh tidak gampang terserang penyakit. Terutama di masa mewabahnya virus corona yang sampai saat ini masih menghantui publik. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres, termasuk dengan cara aromaterapi. Melalui penerapan pola hidup sehat, menyebabkan imunitas tubuh dapat bekerja optimal. Sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Penting untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti perbanyak makan sayur dan buah, istirahat yang cukup, hindari stres, rutin berolahraga, hindari rokok dan alkohol. Serta mengkonsumsi suplemen peningkat imunitas tubuh dengan memperhatikan kandungan yang terdapat pada suplemen tersebut. Menerapkan pola hidup sehat merupakan langkah terbaik dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Namun pada beberapa kondisi, konsumsi suplemen peningkat imunitas tubuh mungkin diperlukan.

Disarankan untuk berkonsultasi dokter sebelum mengkonsumsinya. Terutama jika seseorang memiliki kondisi medis tertentu. Dokter dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kondisi kesehatan kita, dengan dosis yang tepat. Membangun mindset positif sebagai aromaterapi yang kadang sangat sulit dilakukan saat ini. Terkadang masyarakat lebih memilih langsung menyimpulkan sesuatu dibandingkan harus buang-buang waktu memberikan sudut pandang tentang berbagai hal.

Adalah atmosfer positif yang sangat dibutuhkan publik saat ini. Karena penulis melihat ada sisi-sisi yang sangat berdampak luar biasa terhadap imunitas tubuh manusia. Satu diantara banyaknya indikator penunjang kesehatan adalah terapi. Ada beberapa macam terapi yang direkomendasikan sebagai fasilitator relaksasi atau proses penyembuhan. Salah satunya adalah dengan menggunakan aromaterapi sebagai pemicu daya segar yang menimbulkan pikiran dan tubuh kita menjadi relax atau refresh setelah berbagai kepenatan yang dihadapi selama proses beraktivitas.

Mindset positif merupakan pola pikir seseorang yang selalu optimis untuk sebuah kebaikan. Pola pikir harus senantiasa diatur untuk selalu baik. Sebab, jati diri kita adalah apa yang kita pikirkan. Pola pikir merupakan hal utama yang akan menentukan arah kehidupan seseorang, sukses atau tidak kehidupannya tersebut. Orang yang tidak membangun mindset positif dalam hidup biasanya pikirannya akan dipenuhi oleh hal-hal negatif. Hal-hal negatif ibarat sampah yang apabila dikumpulkan maka semakin lama akan membusuk dan menimbulkan penyakit. Demikian pula dengan pikiran negatif di dalam otak kita.

Orang yang memiliki pola pikir selalu positif akan merasakan kebahagiaan hidup, optimis dalam menjalankan proses kehidupan serta tidak takut mengalami kegagalan. Jika menghadapi kegagalan akan terus bangkit dan mengupayakan hal-hal yang lebih baik lagi. Jadi orang yang memiliki pola pikir positif akan senantiasa bersemangat menjalani hidup. Baginya tak ada kata gagal di dalam menjalani proses kehidupan.

Beberapa pendapat yang menjadikan rujukan tulisan ini betapa pentingnya membangun mindset positif adalah (1) Memiliki semangat hidup yang tak pernah menyerah; (2) Akan cepat bangkit saat mengalami kegagalan; (3) Optimis untuk meraih tujuan yang ingin dicapai dan ; (4) Memiliki motivasi tinggi; (5) Tidak merasa sakit hati pada orang lain dan tidak pendendam; (6) Hidupnya akan bahagia karena tidak terbebani dengan pikiran-pikiran negatif; (7) Akan mudah meraih kesuksesan dalam hidup.

8). Terhindar dari dosa karena berburuk sangka pada oranglain dan keadaan; (9) Tidak memikirkan hal-hal kecil di dalam hidup, ia akan memikirkan hal-hal yang besar sehingga mampu menjadi orang yang besar; (10) Akan disukai banyak orang dalam pergaulan dan (11). Pada suatu ketika ia akan mampu mewujudkan apa yang ia cita-citakan karena pencapaian hasil kita adalah apa yang kita pikirkan. Tidak ada salahnya jika publik selalu membangun mindset aromaterapi yang tepat sebagai wujud membangun kesehatan diri sendiri secara alamiah tanpa mengakibatkan resiko. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy