Anggaran Perubahan, Pemkab Konawe Fokus Tangani Covid-19 – Kendari Pos
Konawe

Anggaran Perubahan, Pemkab Konawe Fokus Tangani Covid-19


KENDARIPOS.CO.ID — Proses pembahasan anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe tahun anggaran 2020 saat ini tengah berproses di legislatif. APBD-P tersebut dipastikan tetap difokuskan pada penanganan wabah Covid-19. Pemkab masih mengalokasikan sebagian besar anggaran yang dimiliki untuk membiayai kegiatan penanganan pandemi di bulan Oktober hingga Desember mendatang.

Gusli Topan Sabara

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Konawe, Gusli Topan Sabara, Rabu (30/9), saat ditemui di ruang kerjanya. Ia menyebut, penanganan Covid-19 tetap menjadi prioritas utama yang masih harus didahulukan. Apalagi, pandemi sudah menjadi masalah nasional bahkan dalam skala global sekalipun. Namun, Gusli tak menyebut secara gamblang berapa porsi anggaran yang dialokasikan Pemkab dalam APBD-P tersebut.

“Kemarin kan yang sudah digelontorkan kurang lebih Rp 100 miliar. Terkait apakah akan ada penambahan anggaran penanganan, itu tergantung estimasi kebutuhan tiga bulan kedepan, yakni untuk hitungan bulan Oktober sampai Desember. Itu harus diestimasi semua agar penanganan Covid-19 bisa dilakukan dengan baik,” ujarnya. Mantan Ketua DPRD Konawe itu menjelaskan, tak bisa dimungkiri bahwa pandemi membuat beberapa program yang dicanangkan pada level instansi pemerintahan menjadi terganggu. Termasuk, program unggulan Pemkab Konawe yakni sejuta beras, seribu kolam ikan dan sejuta sapi. Namun, lanjutnya, ada satu yang menggembirakan yakni pandemi tak lantas membuat perekonomian di daerah berjuluk lumbung beras Sultra tersebut menjadi lesu. Dari data yang dimilikinya, pertumbuhan ekonomi di Konawe masih lebih baik ketimbang daerah lain di Sultra. Bahkan, trennya lebih bagus jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi provinsi Sultra. Trend pertumbuhan ekonomi di Konawe masih positif ketimbang Sultra yang menunjukkan trend negatif akibat terpaan pandemi.

“Karena memang kita bertumpu di tiga sektor unggulan yakni pertanian, perikanan dan peternakan. Serta, ditopang oleh kawasan Mega Industri di Kecamatan Morosi. Buktinya saja sekarang, daerah lain kesulitan untuk membuka lapangan kerja, kita di Konawe malah menyerap tenaga kerja. Itukan salah satu indikator yang nampak,” terang Wabup Konawe itu. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy