Ali Asyhar Pimpin IPKN Sultra – Kendari Pos
Nasional

Ali Asyhar Pimpin IPKN Sultra


Jajaran pengurus IPKN Wilayah Sultra saat mengikuti pelantikan secara virtual di Aula BPK RI Perwakilan Provinsi Sultra, Jalan Sao-Sao Kendari, Kamis (15/10). MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara, M.Ali Asyhar didaulat memimpin Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN) Wilayah Sultra periode 2020-2023. Ali Asyhar dan para pengurus IPKN Wilayah Sultra dilantik secara virtual oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional IPKN, Prof. Dr. Bahrullah Akbar di kantor BPK RI Sultra, Kamis (15/10) kemarin.

Ali Asyhar tak sendiri. Pengurus Wilayah IPKN bagian timur lainnya ikut dilantik yakni IPKN Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional IPKN, Bahrullah Akbar menjelaskan, IPKN merupakan organisasi profesi bagi pemeriksa keuangan negara. IPKN tujuan hadir untuk mengembangkan dan mendayagunakan potensi pengawasan kepentingan bangsa dan negara. IPKN merupakan lembaga profesi di bidang pemeriksa keuangan negara. Organisasi Profesi, IPKN diresmikan di Jakarta pada 20 Februari 2020 lalu.

“Visi IPKN adalah menjadi organisasi profesi terdepan dalam membentuk organisasi yang profesional untuk memajukan bangsa dan negara serta memiliki misi meningkatkan profesionalisme dan peran pemeriksa sebagai agen perubahan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik,” kata Bahrullah Akbar.

Menurutnya, setelah terbentuk kepengurusan di 34 Provinsi, IPKN akan melakukan musyawarah nasional dalam rangka menentukan arah organisasi. IPKN terbuka bagi para pengawas internal pemerintah, BPKP, inspektorat jenderal, inspektorat provinsi kabupaten/kota dan pihak lainnya yang ingin bersinergi. “Termasuk pihak universitas, kantor akuntan publik serta lembaga profesi lainnya dalam rangka menyamakan persepsi,” kata Bahrullah Akbar.

Sementara itu Ketua IPKN Wilayah Sulawesi Tenggara, M. Ali Asyhar mengatakan dengan dilantiknya pengurus IPKN Wilayah Sultra diharapkan dapat mengembangkan profesi pemeriksa keuangan negara dan membangun sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan di Provinsi Sultra sehingga dapat mendorong peningkatan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara serta daerah.

“Pembentukan IPKN dalam rangka memenuhi amanat Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN RB) nomor 49 tahun 2018 tentang Jabatan Fungsional Pemeriksa, yang mengatur bahwa BPK bertugas memfasilitasi pembentukan organisasi profesi Jabatan Fungsional Pemeriksa,” ujar M. Ali Asyhar yang juga Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sultra.

Hal senada diungkapkan anggota IPKN Wilayah Sultra, Rahmat Wibowo. Dia berharap pengurus IPKN Wilayah Sultra ini dapat menjadi perpanjangan tangan Dewan Pengurus Nasional (DPN) IPKN dalam menjalankan kegiatan, tugas, dan fungsi organisasi IPKN di daerah. “Kita berharap IPKN menjadikan BPK lebih baik lagi ke depannya, sehingga bisa mendukung pemerintahan yang baik dan meningkatkan tatanan pengelolaan keuangan negara yang bersih dan akuntabel,” ungkap Rahmat Wibowo. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy