Agista Minta Pokja Bunda PAUD Aktif – Kendari Pos
Metro Kendari

Agista Minta Pokja Bunda PAUD Aktif

KENDARIPOS.CO.ID — Agista Ariany tak ingin predikat Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang disandangnya hanya pelengkap semata sebagai istri kepala daerah. Makanya, ia terus mendorong kelompok kerja (Pokja) tetap aktif. Tidak hanya melakukan koordinasi dengan berbagai stake holder, namun juga melaksanakan program kerja.

“Jangan hanya terlihat sibuk di pengukuhan, setelah itu tidak ada aksi. Padahal sudah anggara yang dikeluarkan. Jadi, mohon jangan sampai terjadi. Aksi dan tindakan nyata perlu kita lakukan di daerah yang kita cintai bersama ini,” kata Agista Ariany, Bunda PAUD Sultra kemarin.

Agista Ariany saat rapat virtual bersama Pokja Bunda PAUD Sultra.

Tugas sebagai Bunda PAUD Sultra katanya, tidak mungkin dikerjakan sendirian. Pokja tetap berperan aktif memastikan program kerja tetap berjalan. Di sisi lain, koordinasi harus terus dilakukan mulai ditingkap provinsi, kabupaten hingga ke bawah. Untuk mencapai tujuan, semua elemen harus dapat bekerjasama untuk bisa mencetak anak-anak Sultra yang berkualitas.

“Mencetak generasi-generasi berkualitas tidak berarti hanya fokus pada anak-anak semata, tapi harus seiring dengan peningkatan kualitas para ibu-ibu yang melahirkan dan mengasuh anaknya. Seba tidak mungkin kita mencetak anak-anak berkualitas dari ibu yang tidak berkualitas,” ujarnya.

Salah satu tantangan yang dihadapi lanjut Agista, pemenuhan gizi keluarga. Sebab keberadaan keluarga kurang mampu di Sultra tidak sedkit. “Hal inilah yang menjadi tugas Pokja Bunda PAUD Sultra untuk memfasilitasi terpenuhinya peningkatan kualitas para ibu, termasuk pemenuhan gizi keluarga,” jelasnya.

Anggota Pokja Bidang Pendidikan Bunda PAUD Sultra Etika Rosita mengatakan proses pembinaan terus dilakukan. Saat ini, angka partisipasi kasar (APK) PAUD di Sultra mencapai 49,31 persen. Capaian ini masih lebih tinggi ketimbang APK nasional yaitu 41,18 persen. Di sisi lain, ia turut memaparkan kondisi kuantitatif PAUD di Sultra mulai dari jumlah sekolah, guru dan tenaga kependidikan serta siswa.

Untuk jumlah PAUD (taman kanak-kanak dan TK), sebanyak 2.011 unit yang tersebar di 17 kabupaten dan kota. Jumlah kelompok bermain sebanyak 541 unit, Tempat Penitipan Anak (TPA) sebanyak 14 unit, dan Satuan PAUD Sejenis (SPS) sebanyak 19 unit.

Jumlah guru dan tenaga kependidikan, untuk sekolah TK sebanyak 4.048 orang. Sedangkan untuk kategori kelompok bermain sebanyak 673 orang, TPA sebanyak delapan orang, dan SPS sebanyak 19 orang. Adapun jumlah siswa PAUD atau TK sebanyak 77.372 anak. Yang tergabung dalam kelompok bermain sebanyak 16.380 anak. Sedangkan di TPA sebanyak 108 anak, dan yang di SPS sebanyak 408 anak. (b/rah)

APK PAUD di Sultra
-Capai 49,31 Persen
-Di Atas APK Nasional 41,18 Persen

PAUD Lembaga Guru/Pendidik Siswa
Taman Kanak-kanak (TK) 2.011 Unit 4.048 Orang 77.372 Anak
Kelompok Bermain 541 Unit 673 Orang 16.380 Anak
Tempat Penitipan Anak (TPA) 14 Unit 8 Orang 108 Anak
Satuan PAUD Sejenis (SPS) 19 Unit 19 Orang 408 Anak

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy