40 Relawan Demokrasi Dikukuhkan – Kendari Pos
Nasional

40 Relawan Demokrasi Dikukuhkan


KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) merekrut 40 relawan demokrasi guna menggenjot partisipasi pemilih Pilkada. Volunter demokrasi itu dikukuhkan di Hotel Wonua Monapa Kecamatan Ranomeeto, Konsel. Ketua KPU Konsel Aliudin mengatakan dasar pembentukan relawan demokrasi itu sesuai undang-undang nomor 10 tahun 2016 dan keputusan KPU RI nomor 630 tentang pembentukan relawan demokrasi.

Ketua KPU Konsel Aliudin (kiri) melantik volunter demokrasi di Hotel Wonua Monapa Kecamatan Ranomeeto.

Relawan bertuga sebagai perpanjangan tangan KPU dalam rangka melaksanakan sosialisasi tahapan dan pelaksanaan serta menyukseskan Pilkada di tengah pandemi Covid-19. “Kita ketahui bersama bahwa secara geografis, Konsel terbentang 351 desa. Sehingga dengan sumber daya yang terbatas, maka kita melaksnaan rekrutmen terhadap relawan demokrasi yang baru saja dikukuhkan ini,” ungkapnya, kemarin.

Aliudin mengatakan relawan demokrasi akan bekerja selama dua bulan untuk membantu tugas-tugas penyelenggara Pilkada. Sehingga bisa malahirkan Pilkada berkualitas, berintegritas dan transparan. “Sejak dikukuhkan, relawan demokrasi masuk bagian dari tatanan penyelenggara pada divisi sumber daya manusia dan partisipasi masyarakat,” jelasnya.

Aliudin berharap relawan itu dapat menggenjot angka partisipasi pemilih. Di sisi lain dapat melahirkan Pilkada yang berkualitas. Apalagi ini berada di masai pandemi Covid-19, yang berpotensi memengaruhi angka partisipasi pemilih.

Para relawan, sambung Aliudin, harus bisa meyakinkan masyarakat tentang pentingnya pemilihan dalam alam demokrasi. Mereka dapat mengedukasi masa tentang kepemiluan. Relawan demokrasi, kata doa. tidak boleh berafiliasi dengan peserta Pilkada. “Tidak boleh terlibat kampanye atau ikut menyuarakan salah satu paslon. Kalau ada yang terbukti, maka akan diberhentikan. Olehnya tetap jaga independensi dan netralitas sebagai relawan demokrasi,” tandasnya. (kam/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy