25 Hari Kampanye, 82 ASN Diduga tak Netral – Kendari Pos
Politik

25 Hari Kampanye, 82 ASN Diduga tak Netral

KENDARINEWS.COM — Kekhawatiran Bawaslu Sultra tentang keterlibatan aparatur sipil negara (ASN) dalam politik praktis, kini terjadi. Selama 25 hari masa kampanye, Bawaslu menemukan 82 ASN di enam kabupaten yang gelar Pilkada disinyalir melanggar asas netralitas. Wakatobi menempati urutan pertama kasus dugaan ASN melanggar netralitas, Buton Utara (Butur) belum ada kasus (lengkap, lihat grafis).

Ketua Bawaslu Sultra Hamiruddin Udu mengatakan, temuan 82 ASN tersebut merupakan pengawasan melalui media sosial (medsos). Bentuk pelanggaran yang mereka lakukan, seperti me-like foto dan narasi pasangan calon tertentu. Termasuk memberikan komentar dukungan.

“Jelas ini merupakan pelanggaran, karena telah menyalahgunakan statusnya sebagai ASN. Semestinya tidak terjadi. Karena jauh sebelum masa kampanye, melalui sosialisasi dan edukasi para ASN telah di wanti-wanti agar tidak terlibat dan senantiasa menahan diri,” katanya, Minggu (25/10).

Dari jenis temuan pelanggaran netralitas ASN tersebut, kata dia, untuk mempertanggung jawabkan perbuatan mereka, kini telah dilimpahkan ke KASN untuk ditindaklanjuti. Sementara masih terdapat beberapa kasus dalam proses penyelidikan. “Nantinya mereka akan dijatuhi sanksi disiplin, baik ringan maupun berat,” jelasnya.

Hamiruddin Udu mengingatkan kepada ASN, agar jangan mencoba-coba terlibat politik praktis. Hal itu sebagai konsekuensi amanah Undang-Undang dan demi menjunjung tinggi netralitas. Pada sistemnya para ASN dilarang melakukan pendekatan terhadap partai politik, memasang spanduk/baliho, yang mempromosikan serta mendeklarasikan figur tertentu.

“ASN juga di larang mengahdiri kampanye, atau menguggah foto maupun menyebarluaskan visi misi pasangan calon. Termasuk keterikatan lainnya dengan pasangan calon, baik secara langsung maupun media sosial. Larangan lainnya, ASN tidak boleh berfoto mengikuti simbol tangan atau gerakkan yang digunakan sebagai bentuk keberpihakan serta diharamkan menjadi narasumber dalam kegiatan partai politik,”tandasnya. (m6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy