23.787 DPS Bermasalah Belum Teratasi – Kendari Pos
Politik

23.787 DPS Bermasalah Belum Teratasi

KENDARIPOS.CO.ID — Sisa dua hari, agenda penetapan daftar pemilih tetap (DPT) berakhir. Meski begitu 23. 787 daftar pemilih sementara (DPS) di tujuh daerah pilkada masih bermasalah. Nama mereka terancam dicoret dari daftar pemilih karena belum memiliki E-KTP.

Anggota KPU Sultra Muh. Nato Al Haq meminta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Sultra untuk memaksimalkan pelayanan E-KTP terhadap 23.787 DPS itu. Minimal bisa mengeluarkan Surat Keterangan (Suket) agar hak pilih yang belum memiliki E-KTP tidak gugur.

“Kami minta kerja samanya yang baik. Agar masalah ini bisa teratasi segera. Kita menginginkan semua DPS yang belum memiliki KTP EL tidak gugur hanya karena persoalan tidak adanya KTP El,”kata Muh. Nato Al Haq kepada Kendari Pos, Rabu (15/10).

Disatu sisi, kata dia, alat perekaman pembuatan E-KTP di empat kabupaten mengalami kerusakan. Masing-masing Buton Utara (Butur), Konawe Utara (Konut), Wakatobi dan Konawe Selatan (Konsel). Karena itu pihaknya meminta optimalisasi Dukcapil menciptakan terobosan solutif, agar kendala tersebut bisa teratasi.

“Ribuan DPS terancam statusnya tidak bisa memilih jika tidak segera diatasi. Kami minta sinergi maksimal dari Dukcapil. Minimal bisa diberikan suket,”harapnya.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Sultra Ismail Lawasa mengaku telah menginstruksikan kepada petugas Dukcapil di tujuh kabupaten pilkada untuk bekerja ekstra, mengakomodir ribuan DPS yang belum memiliki E-KTP. Khusus di empat daerah yang sedang dilanda kerusakan alat perekaman, pihaknya telah menyurat ke pusat agar segera diberi bantuan pinjaman alat perekaman. “Kami sudah melayangkan surat ke pusat. Mudah-mudahan bisa dikabulkan,”tandasnya. (m6/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy