WCDI Kolut Kumpulkan 1,6 Ton Sampah – Kendari Pos
Kolaka Utara

WCDI Kolut Kumpulkan 1,6 Ton Sampah

KENDARIPOS.CO.ID — Aksi sosial World Cleanup Day Indonesia (WCDI) pada tiga kecamatan di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) dan diikuti ratusan peserta, patut diapresiasi. Dalam dua hari membersihkan sampah di lingkungan masyarakat, para sukarelawan tersebut berhasil mengumpulkan lebih dari 1,6 ton limbah.

Aksi para relawan WDCI saat membersihkan di Sungai Kecamatan Lambai. Masyarakat setempat menjadikan aliran itu sebagai tempat pembuangan sehingga limbah terbawa arus dan berpotensi mencemari laut.

Pimpinan Gerakan WCDI Kolut, Muhammad Tahir, menjelaskan, pasca dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati, H. Abbas, semua peserta langsung bergerak ke sejumlah titik mengumpulkan sampah. Mereka menyisir mulai dari bantaran sungai hingga pesisir di tiga kecamatan yakni Lambai, Ranteangin dan Wawo. Pemkab Kolut memfasilitasi dua armada angkut sampah untuk dibawa ke TPA Totallang. 1,6 ton itu dikatakan angka sementara yang terkumpul di luar yang masih ditampung dalam aksi kegiatan kemarin. “Hari ini (kemarin) WCDI tuntas. Kami bersiap untuk agenda selanjutnya tahun depan,” ujar Muhammad Tahir, Minggu (20/9).

Dalam kegiatan ini, sekitar 40 lembaga terlibat dalam aksi, di luar partisipasi masyarakat yang juga ikut andil. Jumlah produksi sampah di setiap kecamatan dikatakan hampir sama. “Rata-rata juga berjenis plastik hingga botolan. Ini persoalan serius,” sambungnya. Muhammad Tahir sangat berharap di semua desa ada tempat pembuangan dan pengolahan sampah. Di Rante Baru misalnya telah memiliki bank sampah yang tentunya tempat lainnya juga bisa menyiapkan hal serupa. “Baik Pemdes, camat dan Pemkab kami harap bisa meningkatkan penyelenggaraan kegiatan yang berkenan dengan kelestarian lingkungan kedepannya,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy