Warga Puncak Punggaloba Diijinkan Tinggal di Tahura Nipa-nipa, Sulkarnain : Asal Patuhi Aturan Pemprov – Kendari Pos
Metro Kendari

Warga Puncak Punggaloba Diijinkan Tinggal di Tahura Nipa-nipa, Sulkarnain : Asal Patuhi Aturan Pemprov

KENDARIPOS.CO.ID — Warga Puncak Punggaloba patut berterima kasih kepada Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir. Pasalnya, berkat negosiasi dan koirdinasi yang dibangunnya kepada Pemprov Sultra, warga di kawasan tersebut diijinkan untuk menghuni kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Nipa-nipa. Hanya saja, warga harus mematuhi aturan yang ditetapkan Pemprov Sultra.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir (pakai sarung di pinggang) menyerahkan bibit tanaman produktif kepada salah satu perwakilan warga puncak Punggaloba Kendari beberapa waktu lalu.

“Masyarakat dizinkan untuk memanfaatkan kawasan tersebut. Beberapa waktu lalu kami datang ke sana untuk menjelaskan kepada masyarakat sekaligus memberikan contoh bagaimana memanfaatkan kawasan tersebut,” ungkap Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir, kemarin.

“Nanti boleh ditanami dengan tanaman produktif yang bisa nanti menambah income masyarakat disitu. Jadi ini sementara kita tata mudah-mudahan nanti bisa lebih baik kedepan jika sudah ada program dana kelurahan,” tambahnya.

Upaya pemkot tersebut, sekaligus menepis isu yang beredar Pemkot tak mengakui keberadaan masyarakat Puncak Punggaloba. “Itu tidak benar. Mereka kami izinkan untuk mengelola kawasan tersebut. Aturannya sudah ada dan sementara lagi disosialisasikan ke mereka. Mudah-mudahan nanti ini bisa lebih tertib dalam menghuni kawasan tersebut,” cetusnya.

Sebelumnya, Wali Kota pernah menyambangi kawasatan tersebut. Dalam lawatannya, Sulkarnain menyerahkan bantuan bibit tanaman produktif untuk penghijauan. Wali Kota juga meminta warga puncak punggaloba untuk bahu membahu dan bekerja keras dan berkontribusi membangun Kota Kendari.

Wali kota juga telah menekankan pada pihak investor yang akan melakukan kegiatan di sekitar Puncak Punggaloba untuk memprioritaskan warga sekitar jika melakukan kegiatan. “Kalau ada investasi di sini syaratnya harus melibatkan masyarakat di sini. Namun bagi warga syaratnya harus jadi orang yang pantas diberi kepercayaan karena harus seimbang kedua belah pihak,” kata Sulkarnain.

Terpisah, Warga Luncak Punggaloba, La Ode Budiman mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Kendari yang sudah mau memperjuangkan warganya. Ia mewakili warga mengaku sangat senang karena sudah tidak dicap sebagai warga ilegal lagi oleh beberapa kalangan. “Kami sudah diakui oleh pemerintah. Hal itu dibuktikan dengan pemberian KTP-El, kartu keluarga (KK) dan sudah ada tiang listrik serta warga ikut pada setiap pemilu maupun pilkada,” ungkap Budiman.

Ia pun memastikan warga Puncak Punggaloba akan mematuhi segala aturan yang dikeluarkan oleh Pemprov yang salah satunya harus turut andil dalam menghijaukan kawasan konservasi, tidak merusak alam dan menjadi warga yang baik. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy