Wali Kota Minta Warga Patuh Jam Malam : Melanggar, Sanksi Menanti – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Wali Kota Minta Warga Patuh Jam Malam : Melanggar, Sanksi Menanti

KENDARIPOS.CO.ID — Serangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Kendari masih belum terkendali. Setiap hari ada saja warga yang terinfeksi virus asal Wuhan, Tiongkok itu. Data Tim Satgas Penganganan Covid-19 Kota Kendari menyebutkan, sejak 8-10 September terdapat 16 warga yang positif Covid-19. Bahkan sejak Covid-19 mewabah Maret lalu, sudah 17 warga metro yang meninggal dunia akibat terpapar virus.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir (dua dari kiri) bersama Kapolres Kendari, AKBP Didik Erfianto (kiri) dan Dandim 1417/Kendari Letkol Kav Agus Waluyo (tiga dari kiri) melakukan sosialisasi pemberlakuan jam malam di Pelataran Tugu Religi Kendari

Pemerintah Kota Kendari dalam komando Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir “terpaksa” memberlakukan jam malam bagi warganya. Aktivitas warga Metro Kendari dibatasi hingga pukul 22.00 Wita saja. Itu tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Nomor : 443.1/2992/2020. Selama sepekan, kebijakan Wali Kota Kendari itu disosialisasikan dan efektif berlaku 10 September.

Itu berarti jika ada warga yang ketahuan keluyuran di atas pukul 22.00 Wita maka siap-siap saja kena sanksi. Wali Kota Kendari Sulkarnain mengatakan jika selama pemberlakuan pembatasan jam malam ini masih ada warga yang membandel, maka akan dilakukan penindakan oleh Polri dan TNI yang bertugas. “Yang melanggar jam malam ini akan diamankan oleh petugas. Mereka akan dibina untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi,” kata Sulkarnain kepada Kendari Pos, Jumat (11/9) kemarin.

“Upaya ini kami lakukan semata-semata untuk menyelamatkan warga dari potensi penularan Covid-19. Kami tidak ingin korban terus berjatuhan akibat wabah ini. Karena ini adalah tanggung jawab pemerintah,” sambung Sulkarnain

Selain diperuntukkan ke warga, pemberlakuan jam malam juga berlaku untuk semua pelaku usaha mulai dari mall, toko, pasar modern, warung, rumah makan, warung kopi, cafe, restoran, THM (karaoke, diskotik), Pedagang Kaki Lima (PKL), lapangan futsal, hingga seluruh titik yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat.

“Kalau sudah pukul 22.00 wita semua harus berhenti beraktivitas. Ini demi keselamatan kita bersama. Kalau sudah terkendali, pasti kami beri izin lagi, hanya saja dalam kondisi saat sekiranya semua pihak harus memaklumi dan menerimanya,” tegas Sulkarnain.

Terpisah, Kapolres Kendari, AKBP Didik Erfianto mengaku siap menindaklanjuti surat edaran wali kota soal pembatasan aktivitas masyarakat dalam rangka pencegahan risiko penularan Covid-19. Pihaknya sudah menyiapkan beberapa personel dan menginstruksikan seluruh Polsek untuk mengawasi dan berjaga di area masing-masing.

“Semua sudah siap, anggota kami rutin patroli. Pantau hari pertama kemarin (10/9), kondisi aman terkendali. Masyaraksat sudah sadar untuk tak beraktivitas di atas pukul 22.00 wita,” kata AKBP Didik Erfianto.

Mantan Kapolres Wakatobi itu mengimbau warga metro agar mematuhi aturan yang dikeluarkan Pemkot Kendari. Sebab, jika tak mengindahkan edaran tersebut, maka akan dilakulan tindakan pembinaan. “Yang melanggar sanksinya akan kita bina. Oleh karena itu, kalau tidak ada keperluan mendesak, masyarakat lebih baik di rumah saja, karena itu salah satu bentuk kontribsi moral secara bersama-sama memutuskan mata rantai wabah virus corona,” tegas AKBP Didik.

Senada dengan Kapolres Kendari, Dandim1417/Kendari Letkol Kav Agus Waluyo menegaskan siap melakukan pengamanan atas kebijakan wali kota terkait pembatasan aktivitas warga selama masa pandemi Covid-19. “Kami selalu siap dalam upaya penanganan dan pengendalian Covid-19. Bersama Pemkot dan Polres Kendari beserta stakeholder terkait tetap akan berusaha semaksimal mungkin menciptakan situasi yang kondusif. Saya juga mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak (physical distancing),” kata mantan Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Kodam XIV/Hasanuddin itu. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy