Wali Kota Kendari : Wajib Masker Segera Diberlakukan – Kendari Pos
Metro Kendari

Wali Kota Kendari : Wajib Masker Segera Diberlakukan

KENDARIPOS.CO.ID — Aturan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan (Prokes) di Kota Kendari telah diterbitkan. Sanksi tersebut tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) nomor 47 tahun 2020. Namun peraturan ini belum resmi berlaku. Saat ini, Pemkot Kendari tengah menyosialisasikan aturan. Rencananya, peraturan ini belaku seminggu setelah Perwali ini diterbitkan.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir meminta warga metro membiasakan diri menggunakan masker saat berada di luar rumah. Sebelum ada vaksin, menggunakan masker merupakan cara efektif mencegah penyebaran virus corona. Apalagi jumlah kasus covid-19 di Kota Kendari terus bertambah. “Pandemi belum berakhir. Saya tak henti-hentinya mengimbau masyarakat untuk mematuhi prokes. Tidak hanya menjaga jarak, namun juga menggunakan masker. Untuk lebih mendisiplinkan warga menggunakan masker, kami telah menerbitkan aturan berupa sanksi,” tandas Wali Kota.

Dalam Perwali disebutkan, bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah, bakal dikenakan sanksi sosial berupa bersih-bersih lingkungan dan denda administrasi sebesar Rp 100 ribu – Rp 200 ribu. Aturan ini bukan untuk menghakimi warga melainkan untuk meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya menerapkan prokes.

Anggota DPRD Kota Kendari, Rahman Tawulo mengapresiasi langkah cepat Pemkot Kendari yang telah menerbitkan Perwali tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum prokes. Dengan diterbitkanya Perwali ini, masyarakat kini bisa lebih disiplin untuk selalu mengunkakan masker saat beraktivitas di luar rumah, termasuk mencuci tanggan dan selalu menjaga jarak. “Kita apresiasi Pemkot sebagai langkah pencegahan dan pengendalian wabah Covid-19 di kota Kendari. Kita sambut baik, karena memang kebijakan itu lebih tepat, apalagi sekarang sudah tahap sosialisasi.,” kata Rahman Tawulo. (b/ags)

Sanksi Pelanggar Prokes
Individu dan Kelompok
Kerja Sosial dan Densa Rp 100 s.d 200 Ribu
Bertujuan Untuk Mendisiplinkan Warga

Kasus Covid-19 di Kota Kendari
Tanggal 7 September Hingga Pukul 15.00 Wita
Positif 656 Kasus
Perawatan 328 Pasien
Sembuh 313 Orang
Meninggal Dunia 15 Orang

Sumber : Satgas Percepatan Penanganan Wabah Covid-19 Kota Kendari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy