Wali Kota Jamin Penggunaan Dana Refocusing Transparan – Kendari Pos
Metro Kendari

Wali Kota Jamin Penggunaan Dana Refocusing Transparan

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir ingin memastikan penggunaan anggaran refocusing untuk penanganan covid-19 di Kota Kendari akuntabel. Untuk itulah, pengelolaan anggaran dilakukan secara transparan dengan melibatkan berbagai komponen termasuk lembaga pemeriksa keuangan.

Sebagai bentuk komitmennya, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini siap berdialog secara terbuka menyangkut tata kelola anggaran Covid-19. Ia mengaku tak akan menutup-nutupi penggunaan anggaran.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir (tengah) saat mengikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah yang dilaksanakan Kemenkeu RI secara virtual, kemarin

“Pelibatan masyarakat dan unsur lembaga pemeriksa keuangan dalam melakukan pengawasan sudah menjadi Instruksi Menteri Keuangan (Menkeu),” kata Sulkarnain usai mengikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah secara virtual dan dipimpin Menteri Keuangan kemarin.

Sikap kooperatif Pemkot sambungnya, untuk menghindari persepsi miring di masyarakat lantaran ketidaktahuan publik akan penggunaan anggaran percepatan penangangan Covid-19 di Kota Kendari.

Sejauh ini, Pemkot melalui Satgas Penanganan Wabah Covid-19 Kota Kendari telah mengalokasikan anggaran bencana non alam ini untuk penanganan korban. Baik terhadap orang kontak erat, pasien suspek, maupun kepada pasien positif dan meninggal. Selain itu, untuk penyediaan sarana dan prasarana infrastruktur penunjang.

“Anggaran juga peruntukannya untuk biaya penanganan operasional gugus tugas, biaya operasi pemberlakuan jam malam, penanganan dampak Covid-19 yang terdiri dari jaminan pengaman sosial dan jaminan pengaman ekonomi,” ungkap Sulkarnain.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani meminta seluruh kepala daerah agar bisa melakukan pengelolaan keuangan negara secara transparan, akuntabel, dan akan terus mengkoordinasikan kondisi darurat dengan tetap mengedepankan akuntabilitas dan transparansi.

“Emergency atau Urgency menjadi sangat penting. Bapak Presiden menekankan kecepatan menjadi sesuatu yang penting. Namun, pada saat yang sama ditekankan bahwa kecepatan tidak boleh mengkompromikan akuntabilitas transparansi dan pengelolaan yang baik,” ujarnya. (b/ags)

Tiga Pos Anggaran Covid-19 Pemkot Kendari
-Penanganan Kesehatan
-Penanganan Dampak Ekonomi
-Penyediaan Jaring pengaman Sosial

Anggaran Rp 51 miliar
Libatkan Lembaga Pemeriksa Keuangan
Buka Dialog Penggunaan Anggaran

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy