Wabah DBD Masih Mengancam : 302 Kasus, 6 Penderita Meninggal – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Wabah DBD Masih Mengancam : 302 Kasus, 6 Penderita Meninggal

KENDARIPOS.CO.ID — Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Kendari masih terus bertambah. Hingga September, jumlah warga yang terinfeksi wabah DBD mencapai 320 orang. Dari jumlah itu, sebanyak enam diantaranya harus kehilangan nyawa. Namun jika dibanding tahun 2019 lalu, jumlah kasus penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti mengalami penurunan.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Samsul Bahri mengatakan penderita DBD selama periode Juli-Agustus MASIH mengalami penambahan sebanyak 13 kasus. Bulan Agustus lalu, Dinkes mencatat satu kasusu DBD yang meninggal. “Secara keseluruhan, jumlah kasus DBD turun dibandingkan tahun sebelumnya. Pada periode Januari hingga September 2019, ada 447 penderita dan meninggal dunia 2 orang. Tahun ini, hanya 302 kasus,” beber Samsul Bahri kemarin.

Penyakit DBD ini sambungnya, dipengaruhi faktor lingkungan dan perilaku masyarakat. Untuk itulah, warga diminta semakin sadar pentingnya menjaga pola hidup bersih. “Kami juga aktif melakukan sosialisasi serta edukasi di tengah masyarakat melalui pihak terkait seperti puskesmas, terlebih Kota Kendari pernah memperoleh Penghargaan Kota Sehat, jadi hal ini ikut mempengaruhi prilaku masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Dinkes Kota Kendari, drg Rahminingrum mengatakan salah satu faktor yang mendorong adanya penurunan jumlah pasien DBD yakni, adanya upaya pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang terus digalakkan pihaknya melalui Fogging Focus. Untuk mengefektifkan program ini, pihaknya turut melibatkan masyarakat.

“Perkembangan DBD disebabkan adanya virus, ada penderita dan ada nyamuk. Tentunya, jika ada virus, dan penderita namun tidak ada nyamuk pembawa virus ini, maka kasus DBD akan menurun secara drastis. Untuk itu, jika ingin menurunkan angka DBD maka sama-sama berantas sarangnya melalui 3M yakni menguras, menutup dan mengubur,” pungkasnya. (b/m2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy