Usulan Pinjaman Terkendala Sertifikat Lahan RS – Kendari Pos
Metro Kendari

Usulan Pinjaman Terkendala Sertifikat Lahan RS

KENDARIPOS.CO.ID — Pengerjaan proyek pembangunan Rumah Sakit (RS) Jantung dan Pembuluh Darah tahap II belum bisa dilanjutkan. Hingga kini, usulan pinjaman Pemprov Sultra masih menunggu keputusan direksi PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Usulan Pinjaman Terkendala Sertifikat Lahan RS

Kepala Badan Perencanaan pembangunan daerah (Bappeda) Sultra, Robert Maturbongs mengatakan proposal pinjaman sudah diajukan ke direksi. Namun masih ada satu persyaratan yang masih mengganjal yaitu sertifikat lahan RS.

“Ya, sertifikat di lokasi itu lebih dari satu. Makanya, kami diminta untuk memberikan penjelasan. Alhamdulillah, kemarin kita sudah klarifikasi langsung ke PT SMI,” kata Robert ditemui di kantor Gubernur Sultra (14/9).

Klarifikasi ini kata dia, menyangkut lahan yang akan dibangun RS Jantung. Pasalnya, ada beberapa sertifikat. Awalnya, direksi PT SMI mengira lahan tersebut milik pihak ketiga sehingga butuh proses ganti rugi dan kompensasi. Sebab masih ada warga yang tinggal di atas lahan tersebut.

“Memang ada beberapa dokter dan warga yang tinggal di lahan itu. Tapi itu adalah aset provinsi. Kalau mau digunakan, kita tinggal minta mereka untuk pindah dan tak perlu kompensasi. Hal ini yang kami jelaskan ke direksi PT SMI,” jelasnya.

Untuk memastikan legalitasnya, pihaknya telah melakukan rapat bersama. Dalam waktu dekat, pemerintah akan mengeluarkan surat yang menerangkan status lahan itu. Pasalnya, PT SMI masik menunggu surat keterangan tersebut.

“Kita sudah rapat bersama dan menyepakati. Insya Allah, hari ini (kemarin red) juga suratnya keluar. Surat yang menerangkan terkait satu akta. Kalau sudah, kami akan ajukan ke gubernur,” ujarnya.

Namun ia sulit memprediksi proses pencairannya. Sebab Jakarta telah memberlakukan PSBB. Itu artinya, sejumlah kantor ditutup. “Kita mau lihat kebijakan itu seperti apa. Sehingga kita berupaya tetap berkomunikasi dengan PT. SMI untuk percepatan,” ucapnya.

Saat ini, PT. SMI melakukan akselerasi untuk program Pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang lebih dari Rp. 30 triliun itu. “Itu dalam bentuk pinjaman diberikan ke daerah, seperti DKI Jakarta kan juga ada serta beberapa daerah lain. Kita berharap semoga penandatanganan persetujuan pinjaman itu nanti bisa bersamaan,” pungkasnya. (b/rah)

Proyek RS Jantung dan Pembuluh Darah
Tahap I 100 Persen

Anggaran Rp 98 Miliar
Konstruksi Lantai Empat

Tahap II
Anggaran Rp 360 Miliar
Konstruksi 5 hingga 17 Lantai
Target Akhir 2021

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy