Usulan Penerima BSM di Wakatobi Capai 6.550 Pelajar – Kendari Pos
Wakatobi

Usulan Penerima BSM di Wakatobi Capai 6.550 Pelajar


KENDARIPOS.CO.ID — Program Pendidikan Bersinar intens disosialisasikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Wakatobi dan Tim Beasiswa Bersinar. Terealisasi sejak 2017 lalu, program bantuan siswa miskin (BSM) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) terus mengalami peningkatan usulan dari Satuan Pendidikan pada delapan kecamatan.
Tahun ini usulan yang masuk ke Dikbud Wakatobi telah mencapai 6.550 berkas dari pelajar. Sebanyak 4.481 dari SD dan 2.069 dari SMP. Tim yang menangani bidang ini tengah melakukan tahap verifikasi untuk memastikan calon penerima memenuhi syarat.

Ali Wangi

Kepala Dikbud Wakatobi, Ali Wangi, mengatakan pihaknya memang saat ini masih meminta usulan dari satuan pendidikan. Setelah itu baru meminta berkas calon penerima BSM dari sekolah. “Sepetinya tahun ini yang paling banyak mengusulkan. Tapi, nanti akan melewati proses tahap verifikasi,” terangnya, Rabu (16/9). Setelah diverifikasi, pihak Dikbud akan memberikan kuota pada masing-maisng sekolah. “Karena kita harus menyesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah. Kita berharap semua yang usul dan memenuhi syarat bisa mendapatkan BSM,” terangnya.

Kendati demikian, pihak sekolah juga harus bekerja sama dengan pihak Dikbud Wakatobi maupun Tim Beasiswa Bersinar. Agar data yang diusulkan murni memenuhi syarat. “Bisa saja siswa kurang mampu dan memenuhi syarat tapi ternyata sudah menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP). Maka itu akan dicoret. Yang diutamakan yang belum menerima KIP dan kurang mampu,” tandasnya.

Sekadar diketahui, anggaran BSM dan beasiswa prestasi merupakan gelondongan dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2020 dengan total Rp 2,5 miliar. Di Wakatobi, jumlah SD 110 unit dan SMP 43 sekolah. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy