Tunggakan Pajak Randis Pemkab Buton Capai Rp 300 Juta – Kendari Pos
Buton

Tunggakan Pajak Randis Pemkab Buton Capai Rp 300 Juta


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Buton dibuat kaget dengan data tunggakan pajak kendaraan dinas (Randis) dari pihak Samsat. Hingga saat ini, pajak kendaraan terutang mencapai angka sekitar Rp 300 juta. Padahal setiap tahun masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selalu mendapat alokasi dana pemeliharaan barang aset daerah. Lalu, mengapa sampai ada tunggakan?

Sunardin Dani

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Buton, Sunardin Dani, mengaku, pihaknya kini sedang melakukan inventarisasi seluruh Randis. Baik yang masih terpakai atau sudah terparkir karena rusak. “Khusus Randis roda dua dan roda empat berada di masing-masing OPD, pemeliharannya melekat pada instansi tersebut. Kita hanya pencatatan aset di BPKAD. Makanya kalau ada tunggakan begitu, harus kita cek baik-baik, setahu saya itu anggarannya setiap tahun,” herannya, Senin (28/9).

Pada nomenklatur anggaran pemeliharaan kata Sunardin Dani, kerap kali terlihat item biaya “perpanjangan STNK”. Olehnya perlu dicari tahu asal usul tunggakan pajak itu. “Kita akan menyurat ke semua OPD. Randis apa saja yang pajaknya tidak terbayar dan apa masalahnya,” sambung Kepala BPKAD Buton tersebut.
Dalam catatan Bagian Aset, memang ada beberapa kendaraan tua yang tak punya surat kelengkapan lagi. Itu akibat pindah tangan, sehingga surat kendaraan hilang. Tapi jika diakumulasi, tunggakannya tidak akan mencapai Rp 300 juta.

“Rata-rata pengadaan 2002 yang tak lengkap (surat-suratnya) banyak kali pindah tangan, ada surat-surat hilang,” tandas Sunardin Dani. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy