Tony Herbiansyah Bangun Infrastruktur Pendidikan hingga di Wilayah Terisolir – Kendari Pos
Kolaka Timur

Tony Herbiansyah Bangun Infrastruktur Pendidikan hingga di Wilayah Terisolir

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Kolaka Timur (Koltim), H. Tony Herbiansyah tak pernah mengabaikan komitmennya. Keinginan mencerdaskan generasi bangsa di Koltim tetap terpatri dalam sanubarinya hingga kini. Sejak awal menjabat bupati, Tony Herbiansyah membangun infrastruktur pendidikan.

Bupati Koltim, Tony Herbiansyah (dua dari kiri) didampingi Kepala Dikmudora Koltim, Hj.Surya Hutapea (kiri) menyaksikan salah seorang siswa SMPN di Koltim mengoperasikan komputer usai peresmian laboratorium komputer.

Sang bupati percaya, kemiskinan dapat terentaskan melalui sektor pendidikan. Untuk itu, semua anak usia sekolah di Koltim, wajib mengenyam pendidikan. Tak ada alasan tak bersekolah. Sebab, Bupati Koltim, Tony Herbiansyah telah menyediakan gedung dan sarana pendukung lainnya secara merata dari Kecamatan Uluiwoi hingga Lambandia.

Kinerja Bupati Tony Herbiansyah membangun sektor pendidikan terbilang sukses. Semua itu tak lepas dari peran dan dukungan penuh seorang Hj.Surya Adelina Hutapea, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kabupaten Koltim.

Di tangan Hj.Surya Adelina Hutapea sektor pendidikan berkembang demikian pesat seiring perkembangan teknologi. Sekolah-sekolah mendapat bantuan kamputer. Laboratorium komputer dibangun. Duet Tony Herbiansyah dan Hj.Surya Adelina Hutapea membangun gedung sekolah hingga di daerah terisolasi. Miliaran rupiah bantuan pendidikan disalurkan setiap tahun.

Bupati Koltim Tony Herbiansyah percaya infrastruktur pendidikan yang memadai akan sangat mendukung percepatan pembangunan daerah di bidang pembangunan sumber daya manusia dalam rangka melahirkan generasi bangsa yang kompetitif di Kabupaten Koltim. Anggaran pendidikan sekira 20 persen dari APBD selalu diporsikan demi kemajuan sektor pendidikan.

“Memang anggaran pendidikan itu sesuai arahan undang-undang sebesar 20 persen, bahkan saya anggarkan lebih dari 20 persen. Artinya kepedulian saya khusus pendidikan sangat luar biasa karena saya ingin membangun generasi bangsa yang cerdas dan kompetitif,” kata Bupati Koltim, Tony Herbiansyah kepada Kendari Pos, kemarin.

Tony Herbiansyah mengatakan sektor pendidikan harus ditingkatkan setiap tahun agar semakin baik dan maju sehingga sejajar daerah lainnya di Sultra.

Ketua Dewan Masjid Koltim itu menjelaskan perkembangan pendidikan di Koltim jauh lebih baik dari sebelum mekar menjadi kabupaten. Gedung-gedung sekolah pun didesain apik, bersih dan nyaman sehingga anak-anak nyaman bersekolah. “Bukan hanya itu, perumahan guru, RKB, kantor dan infrastruktur lainnya kita bangun,” jelas Tony Herbiansyah.

Ketua DPW NasDem Sultra itu menambahkan pembangunan infrastruktur pendidikan sudah merata hingga ke daerah terisolasi. Tak hanya infrastruktur yang dibangun, kesejahteraan guru non PNS pun menjadi prioritas dengan memberikan insentif setiap bulan ribu bagi guru GTT melalui APBD Koltim.

Bupati Tony Herbiansyah mengapresiasi kinerja Kadis Dikmudora, Hj. Surya ADelina Hutapea atas dedikasinya membangun SDM di Koltim melalui sektor pendidikan. Khususnya membangun sarana dan prasarana pendidikan sudah lengkap dan cukup resentatif. Terkhusus di Desa Likuwalanapo dan Puurau sudah permanen sekolahnya. “Saya harap semua OPD dapat mengikuti konsep pembangunan yang dilakukan Dinas Dikmudora Koltim dalam memanfaatkan anggaran yang tepat sasaran,” tegas mantan Wakil Bupati Konawe ini.

Sementara itu Kepala Dinas Dikmudora Koltim, Hj. Surya Adelina Hutapea mengatakan, sarana dan prasarana jauh lebih lengkap dan baik dibandingkan sebelum mekar dulu. Fasilitas ruang kelas belajar, kantor, laboratorium komputer hingga toilet sekolah dibangun. “Insentif guru honor juga sudah dinaikan dari Rp 750 ribu menjadi Rp 1.250.000,” ujarnya.

Ketua TP PKK Koltim itu mengungkapkan, skala prioritas pendidikan perlahan terealisasi. Perumahan guru di daerah terpencil khususnya di Kecamatan Uesi telah selesai dibangun. “Kecamatan Uluiwoi dan Uesi kita prioritaskan karena daerah terpencil. Alhamdulillah, SMP dan SD di Uesi kemajuannya sangat luar biasa. Fasilitasnya sudah lengkap, tak kalah dengan sekolah-sekolah yang ada di ibu kota Koltim. Saya mengapresiasi Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah atas dukungannya yang sangat luar biasa,” ungkap Hj.Surya Adelina Hutapea.

Selain SD dan SMP negeri dipoles, Pemkab Koltim dalam kendali Bupati Tony Herbiansyah memberi perhatian pada lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD). Terbaru, melalui Dinas Dikmudora, Pemkab Koltim menyiapkan anggaran sekira Rp 3 miliar lebih untuk membantu alat permainan edukatif.

Menurut Hj. Surya Adelina Hutapea, Pemkab Koltim melalui Dinas Dikmudora mengalokasikan Rp 3 miliar dari APBD Koltim tahun 2020 untuk pengadaan alat permainan edukatif TK swasta yang di bangun mengunakan dana desa maupun masyarakat. “Alhamdulillah 13 TK negeri sudah di bantu, SMP, dan SDN sudah tersentuh. Tahun ini kita berikan bantuan untuk TK swasta,” jelasnya.

Ia menambahkan, bantuan fisik khusus TK swasta tidak dibolehkan tetapi bantuan alat permainan sangat dibolehkan. “Bantuan ini sebagai langkah awal untuk membantu TK swasta dan sesuai arahan Bupati Koltim, Tony Herbiansyah. Beliau dan saya sangat peduli pendidikan di Koltim,” imbuh Hj.Surya Adelina Hutapea. (kus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy