Tokoh Pemuda Kendari : Pinjaman Pemkot untuk Kemajuan Daerah – Kendari Pos
Metro Kendari

Tokoh Pemuda Kendari : Pinjaman Pemkot untuk Kemajuan Daerah

KENDARIPOS.CO.ID — Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari meminjam dana sebesar Rp 349 miliar ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) mendapat dukungan banyak pihak. Salah satunya datang dari tokoh pemuda Kota Kendari, Edy Samiel. Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Kendari ini menilai, pinjaman tersebut sangat positif dan bisa menunjang kemajuan daerah.

Edy Samiel. Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Kendari

“Saya rasa itu keputusan tepat (melakukan pinjaman di PT SMI). Apalagi Pemkot Kendari sudah memiliki planning matang soal pemanfaatannya,” ungkap Edy Samiel kepada Kendari Pos.co.id, Selasa (1/9). Dirinya menilai, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir punya komitmen tinggi untuk memajukan daerah. Sehingga, kebijakan yang diambil, muaranya untuk kepentingan daerah dan masyarakat.

“Makanya, tentu tidak elok, jika niat baik itu tidak didukung. Untuk itu, seluruh elemen masyarakat maupun pemerintahan mesti mensupport hal itu,” ujar pria murah senyum tesrebut. Seperti diketahui, pinjaman Pemkot ke PT SMI rencana akan digunakan untuk membangun fasilitas publik. Seperti membuka ruas jalan baru di Anduonohu, dan pembangunan rumah sakit baru di kawasan Puuwatu.

Menurut Edy Samiel, pembangunan ruas jalan baru punya efek domino jangka panjang. Banyak manfaat yang menyertainya. Misalnya, meminimalisir dan mencegah terjadinya kemacetan. Termasuk memperpendek arus tempuh masyarakat. Selain itu, juga bisa meningkatkan NJOP tanah, menjadi sentral pemukiman dan UMKM baru.

Begitu juga halnya dengan pembangunan rumah sakit baru di kawasan Puuwatu. Perlu diingat, rumah sakit di Kota Kendari saat ini, didominasi swasta. Secara umum, lanjut Edy, biaya di rumah sakit swasta tentu lebih tinggi. Sehingga memberatkan masyarakat kelas bawah. Karena itu, adanya program pembangunan rumah sakit baru menjadi sebuah solusi tepat. Nantinya juga, akan menyerap tenaga kerja baru, mempermudah pelayanan kesehatan masyarakat, dan dapat menambah PAD.

“Jadi, dengan segala manfaat positif itu, sebenarnya tidak ada alasan untuk menolak. Sebagai akademisi, kami menilai ini sesuatu yang bisa menjadi langkah maju pembangunan Kota Kendari,” jelasnya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, La Ode Azhar menegaskan, dirinya tidak mempersoalkan rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melakukan pinjaman dana sebesar Rp 349 miliar ke PT. SMI. Politisi Golkar ini hanya menyorot soal implementasi pemanfaatan pinjaman yang akan dilakukan.

“Daripada membuat Rumah Sakit (RS) tipe D, kenapa melalui pinjaman itu tidak dilakukan saja pengembagan rumah sakit yang ada. Misal dikembangkan dari tipe C menjadi tipe B. Seperti menambah ranjang-ranjang baru dan poliklinik RS saat ini,” terang Azhar. Tak hanya itu, Azhar menilai, dengan pinjaman sebesar Rp 349 miliar, pemkot sudah bisa membagun puskesmas atau memperbesar puskesmas yang ada untuk menampung lebih banyak pasien yang inggin berobat. (m6)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy