Terjaring Razia Masker, 42 Warga Disanksi Push-Up dan Lafalkan Pancasila – Kendari Pos
Metro Kendari

Terjaring Razia Masker, 42 Warga Disanksi Push-Up dan Lafalkan Pancasila

KENDARIPOS.CO.ID — Ancaman sanksi kerja sosial dan denda ternyata tak membuat sebagian warga Kota Kendari patuh. Buktinya, masih saja ada warga yang keluar tanpa menggunakan masker. Hal itu terlihat dari razia yang dilakukan Pemkot Kendari bersama personil Polres Kendari, Kodim 1417 Kendari dan Kejaksaan Negeri (Kejari) di kawasan MTQ Square, Senin (14/9).

Salah seorang warga dijatuhi sanksi push up setelah ketahuan berkeluyuran di kawasan MTQ tak menggunakan masker kemarin

Para pelanggar protokol kesehatan (Prokes) belum dikenakan denda administrasi sebesar Rp 200 ribu. Mereka hanya diberikan peringatan dan sanksi sosial.

“Totalnya ada 42 orang tadi (kemarin) yang tidak pakai masker, mayoritas anak muda. Langsung kita beri sanksi sosial, seperti push up dan menghafalkan Pancasila,” beber Amir Hasan, Kasat Pol PP Kota Kendari kemarin.

Ia menegaskan akan terus menggelar operasi penegakan aturan sebagaimana dijelaskan dalam Perwali Nomor 47 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum prokes. Operasi ini sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Setelah keluar Perwali tentang pemberian sanksi bagi pelanggar tanpa masker, maka kita intensif merazia. Apalagi saat ini kasus Covid-19 di Kota Kendari terus meningkat, kita akan lebih tegas,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya akan memberi sanksi bagi warga yang melanggar jam malam. Sesuai SE Wali Kota, aktifitas kegiatan warga di luar rumah dibatasi sampai pukul 22.00 Wita. Sebagaimana razia masker, pihaknya akan turut bersama TNI-Polri dan kejaksaan.

“Sasaran patroli akan dilakukan Pol PP bersama tim gabungan di sejumlah pusat keramaian, seperti kawasan eks MTQ dan Kendari Beach. Selain sanksi teguran, tindakan fisik, dan melakukan aktivitas sosial, sanksi denda Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu juga akan dikenakan bagi para pelanggar,” pungkasnya. (b/m2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy