Terbang Tanpa Izin, Pilot dan Kru Helikopter Diperiksa Propam – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Terbang Tanpa Izin, Pilot dan Kru Helikopter Diperiksa Propam

KENDARIPOS.CO.ID — Pembubaran massa aksi unjuk rasa September Berdarah (Sedarah) oleh Polda Sultra menggunakan helikopter berbuntut panjang. Oknum pilot, co-pilot dan kru helikopter kini masuk dalam radar pemeriksaan Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sultra.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sultra, Kombes Pol Ferry Walintukan mengatakan oknum polisi yang menerbangkan helikopter tersebut tak sesuai dengan instruksi alias tanpa izin. Saat ini, Bid Propam sedang memeriksa pilot yang menerbangkan helikopter dalam bentuk klarifikasi. “Helikopter diterbangkan tanpa izin pimpinan, makanya sedang diperiksa Propam,”tutur Kombes Ferry Walintukan kepada Kendari Pos, Senin (28/9) kemarin.

Helikopter Polda Sultra meraung di udara saat terbang rendah di atas kerumunan massa aksi unjuk rasa September Berdarah (Sedarah). Konsentrasi massa aksi pun buyar. Cara ini bukan pertama kali terjadi di Indonesia. Helikopter bubarkan massa pernah terjadi di Jakarta saat aksi 22 Mei 2019.

Menurutnya, helikopter milik Ditpolairud Polda Sultra itu terbang tanpa izin dari Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya sebagai pimpinan tertinggi di Polda Sultra.

“Kapolda tidak tahu terkait hal itu. Kami juga heran kenapa bisa tiba-tiba terbang. Yang jelasnya, saat ini kru dan co-pilotnya sedang dipanggil untuk klarifikasi. Hasilnya, belum kami ketahui,” tutup Kombes Ferry Walintukan.

Untuk diketahui, kerumunan mahasiswa yang berunjuk rasa dalam peringatan setahun tragedi gugurnya Himawan Randi dan Yusuf Kardawi dibubarkan dengan helikopter, Sabtu (26/9) lalu. Helikopter milik Ditpolairud Polda Sultra itu terbang rendah dan menimbulkan kepulan debu. Deru mesin helikopter pekak ditelinga massa. Dengan terpaksa, konsentrasi mahasiswa buyar. (ade/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy