Tangkeno, Negeri di Awan Bombana Butuh Sentuhan Promosi – Kendari Pos
Nasional

Tangkeno, Negeri di Awan Bombana Butuh Sentuhan Promosi

KENDARIPOS.CO.ID — Desa Tangkeno di kaki Gunung Sabampolulo berada di atas ketinggian 1.500 mdpl kerap kali disebut “negeri di awan”. Hawa sejuk dan dinginnya udara menjadi daya tarik wisatawan untuk selalu berkunjung di desa wisata Tangkeno, Kecamatan Kabaena Tengah, Kabupaten Bombana.

Bupati Bombana, Tafdil (kiri) didampingi istri sekaligus Ketua TP PKK Bombana, Hj.Andi Nirwana Sebbu mengenakan busana adat Bombana saat menghadiri Festival Tangkeno. Bupati Bombana berkomitmen akan membenahi infrastruktur di destinasi wisata Desa Tangkeno.

Potensi wisata itu sesungguhnya dapat menjadi “jualan” Kabupaten Bombana dalam pariwisata nasional hingga dunia. Namun sayangnya keelokan wisata Tangkeno tak didukung infrastruktur memadai. Kondisi itu memicu rendahnya kunjungan wisatawan. Hal itu diungkapkan Bupati Bombana, Tafdil saat Festival Wisata Tangkeno.

“Kami tidak tutup mata, memang infrastruktur untuk mendukung wisata ini masih sangatlah minim. Dan dengan Festival ke-8 Tangkeno ini yang rutin tiap tahun dilakukan untuk memperkenalkan wisata di tanah Wonua Bombana ini,” kata Tafdil kepada Kendari Pos, kemarin.

Bupati Bombana dua periode itu berkomitmen membenahi destinasi wisata Tangkeno. Tafdil mengaku akan melibatkan masyarakat agar ikut berkontribusi merawat lokasi wisata Tangkeno. Sebab peran Pemkab Bombana tak ada apa-apanya jika tidak didukung dan ditopang partisipasi masyarakat. “Kalau bukan kita siapa lagi? Dan kitalah warga lokal yang harus terus merawat anugerah dari Sang Pencipta ini. Karena saya yakin dengan keikutsertaan masyarakat, Tangkeno ini akan menjadi destinasi rujukan nasional hingga mancanegara,” kata Tafdil didampingi istri Hj. Andi Nirwana Sebbu yang juga anggota DPD RI.

Pria dengan seabrek penghargaan nasional itu meminta kepada Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bombana agar memikirkan Tangkeno ini bisa berkembang. Kalau perlu menggelar event-event untuk meramaikan Wisata Tangkeno. “Undang artis, selegram atau youtuber untuk mempromosikan Tangkeno agar bisa lebih dikenal lagi. Bila perlu buat event-event, seperti perkemahan atau semacamnya untuk meramaikan wisata ini sehingga membuat Desa Tangkeno bisa menjadi rujukan wisata di Sultra,” ungkap Tafdil.

Kemudahan akses menuju destinasi wisata Tangkeno menjadi hal mendasar untuk menstimulasi tingkat kunjungan wisatawan meningkat. “Sebab, meskipun lokasi wisatanya bagus namun jika sulit diakses sudah pasti wisatawan akan pikir-pikir untuk berkunjung,” tutup Tafdil. (kmr/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy