Tak Pakai Masker Didenda Rp 50 Ribu – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Tak Pakai Masker Didenda Rp 50 Ribu


KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Buton, La Bakry telah menandatangani peraturan nomor 23 tahun 2020 beberapa waktu lalu. Payung hukum itu mengatur tentang penerapan protokol kesehatan dalam penanganan dan pencegahan Covid-19. Demi tertibnya implementasi di lapangan, Pemkab pun sudah mengatur sanksi-sanksi bagi mereka yang melanggar. Salah satunya, dikenakan denda sebesar Rp 50 ribu. “Saat penerapan new normal, masih banyak yang terpapar. Salah satunya mungkin kita belum patuh melakukan protokol kesehatan. Makanya kita buatkan peraturan bupati (Perbup), demi perlindungan,” ungkap La Bakry.

Kapolres Buton, AKBP Adi Benny Cahyono bersama Sekretaris Kabupaten, La Ode Zilfar Djafar saat membagikan masker di Pasar Tradisional, kemarin.

Perbup tersebut akan mulai diterapkan 20 September mendatang. Agar masyarakat tidak terkejut dengan hal itu, jajaran Polres bersama TNI bersinergi dengan Pemkab Buton menggelar sosialisasi sekaligus membagikan masker gratis pada masyarakat, Kamis (10/9). Dikomando langsung Kapolres Buton, AKBP Adi Benny Cahyono, pembagian masker menyasar warga Pasar Sabho dan Takimpo. “Perbupnya sudah ada, tapi saat ini baru tahap sosialisasi. Pekan depan sudah kita berlakukan sanksinya,” kata Kapolres.

AKBP Adi Benny Cahyono menuturkan, ada tiga sanksi yang akan dikenakan pada pelanggar, khususunya yang tak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.
Pertama teguran lisan, sanksi sosial menyapu atau membersihkan tempat umum. Terberat, sanksi administrasi denda Rp 50 ribu. “Kalau kedapatan di tempat umum tak pakai masker maka akan disanksi. Bisa teguran lisan, nyapu atau denda administrasi Rp 50 ribu,” ulangnya, menegaskan.

Hasil denda akan masuk ke kas daerah. Kepolisian dan TNI akan bersama Pemkab dalam hal ini Satpol PP untuk penegakan Perbup tersebut. “Semoga melalui upaya ini mampu memutuskan mata rantai penyebaran virus,” tandas Kapolres. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy