Tak Lolos SMMPTN, Masih Bisa Kuliah di UHO – Kendari Pos
Edukasi

Tak Lolos SMMPTN, Masih Bisa Kuliah di UHO

Rektorat UHO

KENDARIPOS.CO.ID — Penjaringan Calon Mahasiswa Baru (Camaba) Universitas Halu Oleo (UHO) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) telah berakhir. Kuota Maba di beberapa Program Studi (Prodi) favorit yang ada di kampus negeri terbesar itu telah terpenuhi. Namun, ada juga beberapa Prodi atau jurusan jumlah pendaftarnya masih kurang alias belum memenuhi kuota.

Guna memenuhi kuota tersebut, kampus yang dinakhodai Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu itu bakal membuka kesempatan bagi Camaba yang gagal masuk UHO melalui jalur SMMPTN. Dengan catatan bersedia mengisi prodi atau jurasan yang kuotanya belum terpenuhi.

“Masih terbuka bagi mereka (Camaba yang pernah ikut tes SMMPTN) untuk kuliah di sini (UHO). Tapi, hanya mengisi kuota yang masih kosong.
Nanti kami sediakan portal pendaftaran secara online di website UHO. Jadi, mereka tinggal memilih jurusan yang masih terbuka kuotanya. Untuk jadwalnya masih sementara didiskusikan,” ungkap La Hamimu, Wakil Rektor I UHO Bidang Akademik kepada Kendari Pos, Kamis (10/9).

Bagi Camaba yang ingin masuk UHO dan bersedia mengisi jurusan belum terpenuhi kuotanya, maka tidak perlu lagi tes masuk, atau membayar uang pendaftaran. Sebab, data-data pribadi mereka saat melakukan pendaftaran melalui jalur SMMPTN masih tersimpan. “Mereka ini kan sebelumnya sudah tes SMMPTN namun gagal. Otomatis mereka telah membayar uang pendaftaran. Sehingga, mereka tidak lagi dikenakan biaya. Intinya, ini kesempatan bagi Camaba untuk lanjut studi di UHO,” jelasnya tanpa merinci lebih detail jurusan apa saja yang masih dibuka atau belum terpenuhi kuotanya.

Sebelumnya, UHO telah menerima Camaba melalui jalur SMMPTN yang berjumlah 4.342 orang dari total pendaftar 5.300. Namun, dari 4.342 orang yang lolos, terdapat beberpa Camaba yang tidak melakukan pembayarana uang pangkal, sebagai syarat sahnya mereka menjadi mahasiswa baru UHO. “Saat ini kita masih merekap data Camaba yang lolos SMMPTN dan tidak melakukan pembayaran uang pangkal. Mereka yang tidak membayar otomatis kita nyatakan gugur,” terangnya.

Lanjut dia, untuk dimulainya perkuliahan di tahun 2020/2021 ini, belum bisa dipastikan. Namun, diakuinya ada beberapa Fakultas yang ada di UHO bakal memulai perkuliahan di pertengahan September. Seperti Fakultas Kedokteran. “Kemungkinan besar Fakultas Kedokteran dan beberapa fakultas lain kuliah lebih awal di pertengahan September ini,” pungkasnya. (b/idh).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy