Tahun 2021, Jembatan Muna-Buton dan Muna-Konsel Dibangun – Kendari Pos
Nasional

Tahun 2021, Jembatan Muna-Buton dan Muna-Konsel Dibangun


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintahan Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas (Aman) terus bergerak merealisasikan janji sesuai misi gerakan pembangunan terpadu wilayah daratan dan kepulauan (Garbarata). Duet Ali Mazi-Lukman (Aman) meretas konektivitas wilayah di Sultra dengan menghadirkan proyek nasional bernilai triliunan di Sultra tahun 2021. Adalah pembangunan jembatan Muna-Buton (Baruta) dan jembatan Muna-Konsel.

Gubernur Sultra Ali Mazi menunjuk Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Provinsi Sultra, Abdul Rahim untuk menunaikan tugas mulia itu. Abdul Rahim menjelaskan dua proyek nasional yang sedang digagas itu masih on progress. Pemprov Sultra sudah pernah melakukan studi kelayakan (Feasibility Study/FS). Diproyeksikan dua jembatan itu mulai dibangun tahun 2021.

Abdul Rahim menjelaskan pembangunan jembatan Muna-Buton untuk mengoneksikan tujuh wilayah di kepulauan yakni Baubau, Buton, Buton Utara, Buton Selatan, Buton Tengah, Muna dan Muna Barat. Anggaran pembangunan jembatan diproyeksikan sekira Rp.1,4 triliun.

“Sesuai rencana, pembangunan jembatan ini membutuhkan waktu 2 tahun. Saat ini segala kelengkapan dokumen sedang dalam pengurusan. Termasuk pembebasan lahan dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) sudah kami rampungkan. Insya Allah tahun 2021 nanti proyek pembuatan jembatan ini mulai dikerjakan,” ujar Abdul Rahim kepada Kendari Pos di ruang kerjanya, Selasa (22/9) kemarin.

Komitmen Pemprov Sultra untuk meningkatkan konektivitas wilayah di Sultra ini bukan hanya terfokus pada wilayah kepulauan. Pemprov Sultra juga berupaya meningkatkan konektivitas di wilayah daratan Sultra. Pemprov melalui Dinas SDA dan Bina Marga Provinsi Sultra menginisiasi pembangunan jembatan yang menghubungkan Kabupaten Muna dan Kabupaten Konsel. “Tahun 2021 kami akan merampungkan dokumen, pembebasan lahan, Amdal dan kelengkapan lainnya untuk pembangunan jembatan Muna-Konsel. Itu adalah obsesi kita untuk menyatukan daratan di Sultra,” ungkap Abdul Rahim.

Menurutnya proyek pembangunan jembatan Muna-Buton dan Muna-Konsel merupakan program Pemprov Sultra untuk peningkatan konektivitas antarawilayah di Sultra. “Sehingga proyek jembatan nasional ini yang akan menyatukan wilayah daratan dan kepulauan di Sulawesi Tenggara. Sehingga untuk menuju wilayah tersebut tidak ada lagi hambatan, karena sudah bisa dilalui melalui transportasi darat,” papar Abdul Rahim.

Sebelumnya, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memastikan proyek jembatan penyeberangan Muna-Buton segera terwujud. Pembangunan proyek akan dimulai setelah tahap detail engineering design (DED) selesai dikerjakan tahun ini. Selain jembatan, Bappenas juga memastikan pengerjaan jalan trans Muna sepanjang lebih kurang 70 kilometer. Kedua program strategis itu sudah masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024.

Direktur Transportasi Bappenas, Ahmad Zainuddin, menjelaskan proyek jembatan terpanjang di Sulawesi Tenggara itu sudah melalui tahap uji kelayakan oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah Sultra. Sementara tahun ini, pekerjaan meliputi tahap DED yang digarap bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Jika tak ada aral, pekerjaan fisik bisa dimulai tahun 2021 mendatang. “Tahun depan kita mulai coba fisiknya,” ujarnya saat berkunjung ke Muna, beberapa waktu lalu.

Zainuddin menerangkan, jembatan itu dibangun di dua otorita yakni Kota Baubau untuk pulau Buton dan Buton Tengah untuk pulau Muna. Ia meminta pemerintah setempat segera membebaskan lahan yang menjadi lokasi proyek. Ia tak ingin proyek itu tersandera pembebasan lahan seperti halnya di awal perencanaan jembatan Teluk Kendari. “Kuncinya di lahan. Jangan seperti (Teluk) Kendari, lahannya baru siap dua tahun,” terangnya. (lis/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy