Sulkarnain Perkuat Sinergitas dengan Provinsi – Kendari Pos
Metro Kendari

Sulkarnain Perkuat Sinergitas dengan Provinsi


KENDARIPOS.CO.ID — Untuk mengoptimalkan pembangunan, Pemkot Kendari tidak bisa berjalan sendiri. Jangan heran, pembangunan di Kota Kendari kerap melibatkan berbagai elemen baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan termasuk mensinergitaskan program dengan Pemprov Sultra dan pemerintah pusat. Strategi ini tak lain untuk memaksimalkan program kerja Pemkot Kendari

Dalam penataan wilayah, Pemkot turut menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-PR) dan Pemprov Sultra. Tidak hanya melalui program Kotaku dan penanganan banjir, namun juga pembangunan infrastruktur. Apalagi proyek ini akan memberi dampak positif bagi pengembangan Kota Bertakwa ini. Salah satunya, Mega Proyek Ali Mazi – Lukman Abunawas (AMAN).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengaku siap mendukung program unggulan Pemprov Sultra seperti pembangunan jalan pariwisata Kendari-Toronipa, Rumah Sakit Jantung dan Perpustakaan Modern. Ia pun mengapresiasi gagasan besar AMAN. Bahkan akhir tahun ini, ada sejumlah proyek bisa dituntaskan. “Gebrakan Bapak Gubernur Ali Mazi dan Wakil Gubernur Lukman Abunawas patut kita apresiasi dan kita teladani. Bagaimana beliau-beliau berupaya keras memajukan daerah ini agar bisa sejajar bahkan bisa selangkah lebih maju dari daerah lain di Indonesia,” kata Sulkarnain.

Mega proyek ini sambungnya, tentu berdampak positif pada perekonomian Kota Kendari. Misalnya, pembangunan RS Jantung dan Pembuluh Darah, ini sangat penting adanya mengingat jumlahnya yang relatif masih sedikit. “Provinsi Sultra nantinya bisa jadi rujukan untuk pasien yang mengalami gangguan jantung khususnya untuk wilayah Indonesia Timur. Ini secara tidak langsung berefek baik bagi daerah kita karena lokasinya yang terletak di Kota Kendari,” kata Sulkarnain.

Selanjutnya, proyek revitalisasi jalan Toronipa- Kendari. Menurutnya, proyek ini akan mengitegrasikan sejumlah kebijakan pembangunan strategis nasional sekaligus sebagai ajang promosi daerah. “Kawasan Pantai Toronipa memiliki prospek wisata berdaya saing tinggi. Selain itu terkoneksi dengan beberapa objek wisata yang ada di Kota Kendari. Mulai dari Wisata Teluk Kendari (Kendari Beach), Jembatan Teluk Kendari, kawasan Wisata Bungkutoko jika ingin alternatif lain, juga ada Kebun Raya Kendari. Bahkan jika disetujui pusat, Tiga kawasan pesisir Kota (Kasilampe, Mata, Purirano) yang masih pengajuan penataan kawasan menjadi tempat wisata, itu bisa terkoneksi dengan wisata toronipa,” kata Sulkarnain.

Pembangunan Perpustakaan Modern menurut Sulkarnain, adalah sebuah gagasan yang cemerlang dari duet pasangan Aman yang menginginkan masyarakatnya bisa cerdas dengan lebih membudayakan membaca. “Saya yakin dengan konsep wisata edukasi itu, minat masyarakat akan memanfaatkan layanan perpustakaan bisa meningkat dan itu positif. Khususnya anak-anak kita di Kota Kendari yang mungkin masih kurang minat bacanya setelah ada Android. Apalagi kabarnya perpustakaannya berbasis digital lengkap dengan dasilitas teknologi modern, jaringan dan sebagainya. Saya kira ini bisa mendorong anak-anak kita maupun masyarakat umum untuk lebih membudidayakan membaca,” tuturnya.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan selain program prioritas yang tersebar di tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pihaknya juga telah menetapkan beberapa program unggulan atau khusus yang hanya tersebar pada OPD tertentu. “Program unggulan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, serta diharapkan dapat memberi multi efek untuk mendorong percepatan pembangunan sektor lainnya,” jelas Ali Mazi.

Tiga program unggulan itu adalah pembangunan jalan pariwisata Kendari – Toronipa sebagai manifestasi program Sultra produktif. Kemudian pembangunan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah bertaraf internasional sebagai manifestasi program Sultra sehat. Serta proyek pembangunan Perpustakaan Medern sebagai manifestasi program Sultra cerdas.

Sejauh ini, progres pelaksanaannya berjalan sesuai rencana. Untuk jalan Kendari-Toronipa, kini sudah masuk tahap kedua. Tahun pertama sekitar 4 kilometer denga empat lajur. Tahun ini, pengerjaannya telah dimulai. Diperkirakan pengerjaan jalan yang masih tersisa 14,6 kilomter rampung akhir 2021. Begitu dengan gedung Perpustakaan Moderen telah masuk tahun kedua. Progres tahap kedua telah mencapai 76 persen. Pengerjaan struktur gedung 7 lantai telah rampung, dan kini sudah masuk tahap pemasangan instalasi, kaca gedung, dan pengecoran kubah yang diperkirakan rampung pada Desember. Gedung RS Jantung dan Pembuluh Darah telah menyeleseikan tahap satu sebanyak 4 lantai. (b/adv/rah/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy