SMPN 1 Kendari Optimalkan Home Visit – Kendari Pos
Aneka

SMPN 1 Kendari Optimalkan Home Visit

Mahdin


KENDARIPOS.CO.ID — Selama pandemi Covid-19 ini, mayoritas sekolah di Kota Kendari menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan menggunakan sistem daring dan luring. Meski begitu, metode pembelajaran online ini, masih memiliki kendala, mulai dari kesulitan dalam memahami pembelajaran, sampai kepada kejenuhan siswa dalam pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM).

Menyikapi persoalan tersebut, pihak SMPN 1 Kendari optimalkan home visit/kunjungan ke rumah siswa untuk melakukan pembelajaran secara langsung. Hal itu diungkapkan Kepala SMPN 1 Kendari, Mahdin, M.Pd., kemarin.

Kata dia, selama penerapan PJJ masih ditemukan sejumlah kendala sehingga pihaknya harus terus merancang berbagai cara agar bisa terus melakukan PBM tanpa adanya keluhan siswa. Salah satunya dengan memberlakukan kunjungan langsung ke rumah sisiwa.

“Mengatasi kejenuhan yang selama ini dialami oleh siswa, kami terus berbuat semaksimal mungkin. Salah satunya dengan berkunjung ke rumah siswa-siswi untuk memberikan PBM secara langsung. Hal ini dinilai bisa menjawab masalah yang sering dialami oleh siswa ketika PJJ, serta membuat sistem pembelajaran bisa terus berjalan dengan efektif, meski dengan kondisi yang serba terbatas,” ungkap Mahdin, Selasa (29/9).

Haralannya, lanjut Mahdin, melalui penerapan home visit ini, bisa memberikan sebuah dampak yang sangat positif bagi siswa yang selama ini merasa jenuh dengan pembelajaran online. Hanya saja, metode kunjungan ke rumah ini tidak berlaku bagi semua siswa.

“Home visit, tidak berlaku bagi semua siswa. Ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang benar-benar membutuhkan, seperti mereka yang tidak bisa sama sekali mengakses pembelajaran Daring dan mereka yang sudah merasa sangat jenuh dengan metode pembelajaran daring, serta terpenting adalah daerah atau kelurahan siswa berada masuk zona hijau atau kuning. Ini tentunya untuk mencegah penyebaran Pandemi Covid-19,” jelasnya.

Diakuinya, ada pulanstrategi lain yang bisa membuat sistem PJJ tidak kaku dan tidak membosankan yaitu, memberikan uraian singkat pada setiap materi pembelajaran.

“Tidak semua siswa bisa mendapatkan pelayanan home visit. Bagi yang mulai jenuh, kami membuat bahan pelajaran sedinamis atau sesingkat mungkin. Akan tetapi bisa dipahami oleh para siswa karena selama ini guru membuatnya untuk menuntaskan kurikulum. Dalam hal ini, kami coba berkreativitas menciptakan bahan pembelajaran yang simpel tapi efektif,” tandas Mahdin. (m5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy