Selamat Datang Para Eselon II, Oleh : La Ode Diada Nebansi – Kendari Pos
Kolom

Selamat Datang Para Eselon II, Oleh : La Ode Diada Nebansi


La Ode Diada Nebansi

KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur itu kan boleh dikata sebagai orang nomor satu di provinsi. Seseorang yang tampil mencalonkan diri sebagai gubernur, tentulah dia punya: duit, dikenal, mengenal, putra daerah (biasanya), berilmu, intelek, dan memiliki keunggulan dibanding yang lain, pastinya.

Karena gubernur itu muncul dari seorang tokoh dan ber-intelek, maka segala keputusannya pastilah paripurna atau mendekati paripurna. Nah, baru-baru ini, akhir pekan lalu, Gubernur Sultra mengeluarkan keputusan yang super penting. Belasan orang dilantik sebagai kepala dinas. Dilantik sebagai pejabat eselon II.

Pejabat eselon II itu kan ibarat gubernur di suatu institusi daerah, di suatu dinas provinsi. Tindakan legalnya, sudah pasti merupakan pengejawantahan apa yang dibicarakan dan diputuskan oleh gubernur. Karena itu, para eselon II harus memahami dirinya bahwa kedudukannya adalah lambang kepala daerah.

Oleh karena dia lambang, maka: jangan malu-maluin. Harus faham, bahwa kamu diangkat di jabatan kepala dinas karena dipandang cakap merancang dan menjalankan program kerja, bukan karena pintar pijat-pijat. Kamu diangkat di jabatan eselon II karena dipandang mampu membuat terobosan dalam rangka melahirkan keunggulan daerah di institusi yang anda pimpin, bukan karena kamu pengaruh keluarga.

Anda diangkat di jabatan itu karena dipandang mampu membaca pemikiran-pemikiran gubernur dan dituangkan dalam program kerja lalu kemudian diriilkan. Yang paling bagus lagi, memiliki kemampuan untuk membaca pemikiran gubernur, lalu menyusunnya dalam rencana kerja, disamping program-program normatif atau program yang sudah tertulis dan terpikirkan oleh gubernur sendiri. Artinya, disamping gawean standar sesuai paparan gubernur, anda juga mampu memperkayanya sehingga gubernur merasakan kesempurnaan dan keunggulan lebih dalam mengangkat anda sebagai kepala dinas.

Gubernur akan senang dan happy jika kinerja ada melahirkan solusi di persoalan masyarakat sesuai Tupoksimu. Sebaliknya, gubernur akan tersenyum di permukaan namun mangkel dalam hati, jika ternyata program kerja anda lebih banyak SPPDnya ketimbang program yang pro rakyat. Tapi, bahwa, kalian semua cerdas.

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) telah mencatatkan anda semua dalam lembaran negara bahwa kalian layak dan patut untuk didudukkan dalam jabatan eselon. Karena itulah, pertahankan penilaian KASN itu dalam segala tindakan kenegaraan kalian.

Di sisi lain. Memang, gubernur telah melantik kalian dalam jabatan yang bergengsi itu. Tapi sesungguhnya, jabatan itu adalah ujian dari Tuhanmu. Jabatan itu dari Allah SWT melalui tandatangan gubernur. Allah SWT telah berketetapan bahwa dari lahir dan anda sebelum meninggalkan dunia ini, pasti akan didudukkan dahulu sebagai kepala dinas.

Kata kiai, sudah tercatat di Lauhulmahfuz. Dengan jabatan itu, kalian semua menjadi terhormat. Jika sebelumnya disodorkan nasi kotak di sebuah acara seminar, sekarang, dengan jabatan itu, anda disodorkan dalam bosara. Artinya, terhormat.

Tapi, jangan lupa. Jika kalian seorang muslim, bukankah dalam kitab sucimu, Tuhan telah memberi penegasan bahwa: Begitu gampang bagi Allah SWT untuk menjadikan kamu terhormat. Demikian sebaliknya, jika Allah SWT menginginkan kamu terhina seketika, maka anda bisa terhina seketika pula. Artinya, dengan jabatanmu anda bisa langgengkan kehormatanmu, namun anda pun bisa terhina oleh karena jabatanmu.

Selamat merenungi diri wahai kalian para pemangku jabatan. Bukan saja para eselon II di provinsi, tapi seluruh kalian yang memiliki jabatan, termasuk kepala RT. Eh, termasuk diriku juga paleng. (nebansi@yahoo.com)

Selamat Merenungi Diri

Penulis : La Ode Diada Nebansi (Direktur Kendari Pos)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy