Sambut Adaptasi Kebiasaan Baru, Pemkot Ubah Sistem Manual jadi Digital – Kendari Pos
Metro Kendari

Sambut Adaptasi Kebiasaan Baru, Pemkot Ubah Sistem Manual jadi Digital

KENDARIPOS.CO.ID — Strategi Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, dalam mengefektifkan pelayanan di masa pandemi perlu diapresiasi. Kini, sejumlah layanan publik telah diubah dari sistem manual menjadi digital atau berbasis teknologi. Untuk bisa terlayani, warga tak perlu datang di kantor. Pasalnya, Pemkot telah membuka layanan secara online. Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengatakan akan terus membenahi sistem pelayanan. Langkah ini bagian dari strategi Pemkot dalam menyambut Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Dengan memanfaatkan teknologi, ia ingin memastikan layanan publik tetap prima di tengah pandemi covid-19.

“Layanan adminduk di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari bisa dilakukan secara online. Demikian halnya dengan layanan di 65 Kantor Kelurahan. Ke depan, semua layanan di OPD bisa diurus melalui aplikasi Jaga Kendari atau Jari. “Partisipasi dan pengawasan dari seluruh masyarakat Kota Kendari terhadap kebijakan ini adalah hal yg paling penting, berupa membiasakan diri dengan budaya antri, setiap orang punya hak akses terhadap layanan yg sama, tidak menggunakan calo (orang dalam) serta bebas dari Suap Pungli dan Gratifikasi (SPG),” kata Sulkarnain.

Di sisi lain, sistem administrasi kependudukan di kelurahan telah diubah digital melalui Layanan Integrasi Kendari (LAIKA). Upaya ini bertujuan untuk mempermudah kinerja penyelenggaraan pelayanan di kelurahan dan kecamatan. “Dulu kalau mengurus keterangan masih manual. Sekarang sudah online. Sudah terkomputerisasi. Sehingga mempermudah pelayanan. Masyarakat bisa akses dilaman www.kendarikota.go.id sub domain LAIKA. Jadi masyarakat tidak perlu repot-repot lagi ke kantor Kelurahan,” kata Sulkarnain.

Saat ini, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) telah membuka layanan perizinan secara online. Warga yang ingin mengurus izin bisa langsung mengkases website DPM-PTS atau menscreen barcode yang tersedia di media sosial Facebook DPM-PTSP Kendari. Produk izin yang bisa dilayani sebanyak 69 item. Diantaranya, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan izin usaha pemondokan (kos-kosan). Pemohon bisa mencetak produk perizinan itu secara mandiri dan tidak perlu lagi datang ke dinas terkait. Selain itu, Pemkot telah meluncurkan layanan Pajak Menyapa (pembayaran pajak online). Layanan ini dibuat untuk meminimalisir kehilangan pendapatan karena masih dilakukan secara manual dengan tatap muka sebelumnya. Dengan menjalankan program ini, ia memastikan tidak akan ada kebocoran penerimaan pajak sehingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa meningkat. (b/ags)

Digitalisasi Layanan Publik Pemkot Kendari

  1. Program Jaga Kendari atau Jari
    -Adminduk di Disdukcapil
    -Pendataan Kependudukan di 65 Kelurahan
  2. Aplikasi LAIKA di Kelurahan
  3. Perizinan Online di DPM-PTSP
  4. Pajak Menyapa di Bapenda
    -Tahap Awal Layani Pembayaran PBB
    -Pajak Lainnya Menyusul

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy