Rusman Lengkap, Rajiun Butuh Perbaikan – Kendari Pos
Politik

Rusman Lengkap, Rajiun Butuh Perbaikan

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna menerima dua pasangan bakal calon Bupati dan wakil Bupati Muna yakni LM. Rusman Emba – Bahrun, dan LM. Rajiun Tumada – La Pili dihari pertama pendaftaran pada Jumat, 4 September 2020. KPU menyatakan dokumen persyaratan pencalonan dan kelengkapan syarat calon bagi kubu Rusman dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat. Sementara berkas pasangan LM. Rajiun Tumada – La Pili dikembalikan untuk perbaikan.

Ketua KPU Muna, Kubais menerangkan, sebagaimana hasil verifikasi yang disaksikan oleh Bawaslu Muna dan Lieson Officer pasangan calon, pasangan yang memenuhi persyaratan baru LM. Rusman Emba dan Bahrun. Dokumen yang dilampirkan keduanya dinyatakan lengkap baik dari syarat pencalonan berupa dokumen B-KWK, B.1-KWK parpol maupun kelengkapan berkas persyaratan sebagai calon. Pasangan itu telah diberikan tanda terima dan surat pengantar pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Bahteramas.

Sementara kelengkapan berkas pasangan LM. Rajiun Tumada dan La Pili, hasil verifikasi menemukan masih terdapat syarat pencalonan dan syarat calon yang belum memenuhi syarat. Pasalnya, pasangan itu melampirkan dokumen B.1-KWK partai Hanura dalam bentuk salinan dari PDF (Portable Document Format). Padahal, khusus persyaratan tersebut wajib dokumen asli. Sementara syarat calon juga dinyatakan belum lengkap dengan keterangan belum diverifikasi. Berkas keduanya dikembalikan untuk perbaikan. “Masa perbaikan paling lama sampai pendaftaran ditutup yakni tanggal 6 September 2020,” paparnya.

Sebelumnya, pasangan LM. Rusman Emba – Bahrun menjadi kandidat pertama yang menggelar pendaftaran di sekretatiat KPU Muna. Keduanya, yang masing-masing didampingi isteri yakni Yanti Setiawati Rusman dan Leomo Bahrun kompak mengenakan seragam tenun Masalili dengan warna senada dengan corak partai pengusung. Pasangan petahana itu juga didampingi seluruh pengurus partai pengusung yakni Frebi Rifai, Ketua DPC PDIP Muna, Natsir Ido, Ketua DPD II Golkar Muna, Arwaha Adi Saputra Ketua DPC PKB Muna dan Ketua Jafruddin, DPC PKS Muna. Serta diantar langsung oleh Ketua Tim Pemenangan La Ode Saera.

Bakal calon Bupati, LM. Rusman Emba mengaku bersyukur karena seluruh persyaratan telah diterima. Dalam waktu dekat, ia akan menjalani pemeriksaan kesehatan. Kata dia, selain persyaratan, hal terpenting di Pilkada ialah berkompetisi dengan sehat dan damai. Ia juga meminta pendukungnya senantiasa mematuhi protokol Covid-19. “Hindari provokasi, intimidasi dan premanisme. Kita optimis menang dengan cara santun,” terangnya.

Prosesi pendaftaran juga diikuti pasangan LM. Rajiun Tumada – La Pili, usai menggelar deklarasi. Deklarasi itu dihadiri Ketua DPW PAN Sultra Abdurahman Saleh dan petinggi parpol lain yaitu Ketua DPC Demokrat, LM. Taufan Alam, Ketua DPC Hanura, La Saemuna, Ketua DPC Gerindra Kamaruddin Tamzibar dan Ketua PPP Ali Basa.

Rajiun mengaku tidak masalah kendati pendaftarannya belum diterima. Sebagai pasangan calon, ia menghargai dukungan partai Hanura dan berkomitmen menjaga kebersamaan parpol. Khusus dokumen asli B.1-KWK Hanura, hal itu dinilai wajar belum dilengkali salinan asli karena dukungan Hanura baru dikelurkan Jumat siang. Namun dirinya memastikan, permintaan KPU akan dilengkapi pada Sabtu, 5 September.

“Kita tetap optimis lolos. Sebenarnya dengan 11 kursi sudah memenuhi syarat, tetapi Hanura juga tetap kita hargai karena ingin bergabung dalam barisan ini,” paparnya.

Rajiun mengatakan, pencalonannya di Muna didasari keinginan kuat membangun daerah. Dirinya juga sepakat berkompetisi damai. Ia meminta simpatisannya agar mematuhi protokol Covid selama penyelenggaraan Pilkada. (ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy