Rusman Emba : SKB CPNS Muna Digelar Tanpa Psikotes – Kendari Pos
Muna

Rusman Emba : SKB CPNS Muna Digelar Tanpa Psikotes

KENDARIPOS.CO.ID — Panitia Seleksi Daerah penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 di Kabupaten Muna, resmi menjadwalkan pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) pada tanggal 5 sampai 8 Oktober 2020. Bupati Muna, LM. Rusman Emba memastikan rencana pelaksanaan psikotes sebagai seleksi tambahan dalam SKB tersebut dibatalkan. Psikotes hanya akan digelar setelah pengumuman kelulusan.

Bupati mengatakan, psikotes memang sedianya akan digelar sesuai rencana Panselda Muna. Namun dirinya berinisiatif untuk membatalkan hal tersebut demi menjaga transparansi dalam penerimaan CPNS. “Setelah dipertimbangkan dengan matang, psikotes diputuskan tidak dilakukan. Saya tegaskan tetap konsisten pada keputusan awal,” katanya saat ditemui, Senin, (7/9).

Bupati menerangkan, pelaksanaan psikotes sebenarnya bukan hal yang bertentangan karena dalam mekanisme penerimaan CPNS juga menyediakan ruang tersebut. Berbeda dengan tahapan SKD dan SKB, psikotes hanyalah seleksi tambahan yang bersifat opsional. Pemkab bisa memilih melaksanakannya ataupun tidak. “Kalau aturannya memang dimungkinkan. Kalaupun Panselda mau melaksanakan, itu sah-sah saja. Hanya, saya memutuskan agar hal itu dibatalkan saja,” terangnya.

Kendati demikian, Bupati menjelaskan jika ujian psikotes tetap akan digelar terhadap para CPNS, namun pelaksanaanya baru dilakukan setelah kelulusan peserta. Hal itu diperlukan untuk mengukur kesesuaian antara kapasitas CPNS dan posisi yang akan ditempatinya. “Kemungkinan psikotes tetap ada setelah lulus, karena kita ingin pegawai bekerja diposisi yang sesuai keahliannya. Jadi, psikotes ini tidak akan memengaruhi kelulusan peserta,” ujar Rusman Emba.

Kepala BKPSDM Kabupaten Muna, Sukarman Loke, mengatakan, SKB CPNS akan diikuti 489 peserta. Sebelumnya, 3.629 peserta lain sudah lebih gugur dalam tahap SKD. Peserta SKB tersebut akan berebut 236 kuota yang terdiri dari 181 formasi guru, 54 kesehatan dan satu tenaga teknis perpustakaan. Terdapat 12 orang peserta SKB sebelumnya bermasalah pada saat registrasi ulang, namun tetap bisa mengikuti SKB setelah dikonsultasikan pada Kanreg BKN Makassar. “Kami harap semua peserta mengikuti SKB dengan memerhatikan jadwalnya,” imbuhnya. (b/ode)

Agenda SKB CPNS di Kabupaten Muna :
Waktu Tes : Tanggal 5 sampai 8 Oktober 2020
Peserta : 489 orang
*) Sebelumnya, 3.629 peserta sudah gugur dalam SKD.
Peserta SKB memerebutkan 236 kuota :

  • Tenaga guru : 181 formasi
  • Tenaga kesehatan : 54 orang
  • Tenaga teknis perpustakaan : 1 orang

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy