RT/RW Harus Responsif dan Mampu Melayani – Kendari Pos
Metro Kendari

RT/RW Harus Responsif dan Mampu Melayani

KENDARIPOS.CO.ID — Peran Ketua RT/RW sangat penting. Pasalnya, mereka adalah perpanjangan tangan Pemkot Kendari. Untuk itulah, RT/RW harus dalam menjalan tupoksinya. Tidak hanya mampu mengkomunikasikan program pemerintah, namun juga melayani dan lebih responsif terhadap keluhan warganya.

Penegasan ini disampaikan Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir saat mengukuhkan Ketua RT/RW se-kelurahan Punggaloba masa bakti 2020-2025, Rabu (23/9). Protap seremoni pengukuhan ini dilaksanakan dengan tetap mengacu protokol kesehatan (Prokes).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kemeja putih) dan Ketua TP PKK Kota Kendari, Sri Lestrasi (jilbab pink) berfoto bersama perangkat Kelurahan Ponggaloba, Ketua RT/RW dan Bhabinkamtibmas.

Pelantikan ini didasari Peraturan Wali Kota nomor 2 tahun 2019 tentang pelaksanaan pemilihan ketua RT/RW. “Semuanya sudah diatur tentang pelantikan ini. Yang mana, masa bakti mereka hanya lima tahun. Jadi, melalui Perwali ini kepengurusan mereka bisa direfresh lagi,” kata Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir, kemarin.

Pasangan Siska Karina Imran ini meminta para ketua RT/RW agar bisa melaksanakan tugasnya dengab baik. Lebih reponsif dan melayani masyarakat yang menbutuhkan bantuan.

“Tugas sebagai ketua RT/RW memang tidak mudah. Kerja mereka itu 24 jam melayani warga. Mulai dari lahiran dan meninggalnya warga itu diurus oleh RT/RW. Olebnya itu, kami segenap Pemkot Kendari memberikan apresisasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya bagi mereka,” kata Sulkarnain.

Sulkarnain juga berpesan, agar RT/RW yang baru saja dilantik agar segera membangun komunikasi dan kordinasi kepada siapa saja yang dianggab bisa membantu membangun kelurahan.

“Harus bersinergi dan membangun jejaring kepada semua elemen. Termasuk berkoordinasi dengan Pemkot dan yang paling penting bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, khususnya warga Punggaloba,” cetusnya.

Kepala Kelurahan Punggaloba, Hasman Dani mengungkapkan, total ketua RT yang dilantik berjumlah 14 orang. Sedangkan untuk ketua RW sebanyak 5 orang. Bukan hanya itu, pihaknya turut mengukuhkan pengurus Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Karang Taruna Kelurahan Punggaloba.

“Saya dikukuhkannya para perangkat kelurahan ini bisa menambah semangat mereka dalam bekerja dalam hal ini memberikan pelayanan secara cepat, tepat dan responsif kepada warga yang membutuhkan pelayan,” kata Hasman. (b/adv/m5/ags)

Langkah Pemkot Kendari Atasi Pandemi
-Libatkan Seluruh Komponen Masyarakat
-RT/RW Jadi Ujung Tumbak di Lapangan
-Edukasi Warga Tentang Penting Prokes
-Bantu Warga Melalui Banso

Intensif Ketua RT/RW
2020 Rp 400 Ribu Perbulan
2021 Rp 500 Ribu Perbulan

Tunjangan BP Jamsostek
-1.345 Penerima
-Jaminan Kesehatan (Perawatan Medis)
-Santunan Kematian (Ahli Waris)

Pesan Wali Kota untuk Ketua RT/RW
-Mampu Komunikasikan Program Pemkot
-Harus Lebih Responsif
-Mampu Melayani
-Bangun Koordinasi dengan Kelurahan
-Bangun Jejaring kepada Seluruh Elemen

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy