Rp 96 Juta untuk Sertifikasi Aset Lahan – Kendari Pos
Kolaka

Rp 96 Juta untuk Sertifikasi Aset Lahan


KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah lahan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka belum memiliki sertifikat. Padahal, di lahan tersebut telah berdiri bangunan atau kantor milik pemerintah. Olehnya itu, untuk menuntaskan persoalan tersebut, maka Pemkab Kolaka melalui Bagian Pemerintahan terus melakukan sertifikasi lahan.
Kabag Pemerintahan Setkab Kolaka, H. Muhammad Jufri, mengungkapkan, lahan Pemkab yang belum bersertifikat masih lebih dari 100 persil. Kata dia, lahan tersebut tersebar di sejumlah kecamatan yang ada di Bumi Mekongga.

H. Muhammad Jufri

“Lahan yang belum bersertifikat itu semuanya fasiltas umum milik Pemkab. Bahkan di atas lahan tersebut sudah dibangun Puskesmas, Sekolah, Kantor, dan Lapangan Olahraga,” ungkapnya, akhir pekan lalu. Kata Jufri, untuk menuntaskan persoalan lahan yang belum bersertfikat tersebut, maka setiap tahun pihaknya memprogramkan sertifikasi lahan. Untuk tahun 2020 ini pihaknya menyelesaikan 30 persil.

“Ada 30 persil lahan Pemkab yang diprogramkan tahun ini untuk disertifikasi, kami sudah menuntaskan 25 persil. Sedangkan lima persil lainnya masih dalam proses pengurusan,” bebernya. Mantan Camat Latambaga itu mengungkapkan, untuk mengurus sertifkat lahan 30 persil tersebut pihaknya menganggarkan dari APBD mencapai Rp 96 juta. “Anggaran sebanyak itu digunakan untuk biaya pengurusan sertifikat seperti pengukuran, sidang dan lain sebagainya,” tuturnya.

Terkait ratusan persil lahan lainnya yang bersertifikat, Jufri berjanji akan menuntaskannya. Untuk itu, di tahun 2021 mendatang, pihaknya akan tetap melanjutkan program sertifikasi lahan. “Tahun 2021 kami akan sertifikatkan 105 persil yang sudah lengkap alas haknya. Tapi jumlah itu bisa saja bertambah karena adanya sensus aset tanah,” ujarnya. (c/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy