Rentan Dimobilisasi, Awasi ASN Secara Ketat! – Kendari Pos
Politik

Rentan Dimobilisasi, Awasi ASN Secara Ketat!

KENDARIPOS.CO.ID — Aparatur Sipil Negara (ASN) rentan dimobilisasi petahana saat Pilkada. Namun adanya masa cuti petahana saat kampanye dinilai dapat meminimalisir pengerahan abdi negara untuk mendukung calon tertentu.

Pengamat Politik Sultra Najib Husain mengatakan agar ASN tak terseret politik praktis, maka Bawaslu harus bekerja maksimal. Harus memonitoing secara ketat pergerakan ASN dan petahana. Terutama saat masa kampanye.

Dr. Najib Husian

Akademisi UHO ini menilai dalam suasana tahapan kampanye, sangat rentan terjadi berbagai pelanggaran Pilkada. Baik dilakukan oleh oknum ASN maupun petahana.

“Dan sudah selayaknya petahana yang kembali tampil bertarung di Pilkada nanti, menunjukan sikap profesionalitas dan integritasnya kepada publik,”kata Dr. Najib Husain kepada Kendari Pos, Jumat (18/9).

Seyogianya para petahana, sambung Najib, tidak merasa khawatir kehilangan suara pada komponen ASN. Sebab, jika selama memimpin terbukti mempersembahkan pembangunan terbaik, tertata dan berkemajuan, maka yakin dan percaya para ASN tanpa diberi perintah atau penekanan, pasti akan kembali memilih petahana. Indikator tersebut merupakan sistem perhitungan politik rasional dalam memilih figur. Karena biasanya peserta pemilih melihat pada aspek kelayakan.

“Jika publik menilai petahana, tidak lagi layak dipilih kembali, berarti ada yang salah dalam kepemimpinannya,”terangnya.

Untuk menertibkan para ASN yang abai terhadap regulasi agar tidak ikut andil dalam politik praktis, maka kedepannya pihak Bawaslu perlu mengajukan judicial review terhadap peraturan tentang jalur pemberi sanksi kepada ASN yang melanggar. Karena selama ini, kendati amat banyak ASN yang melakukan pelanggaran, namun setelah diproses oleh lembaga berwenang, mayoritas hasilnya tidak terbukti. Ataupun terbukti namun hanya diberi peringatan.

“Tujuan pengajuan judicial review, agar Bawaslu nantinya bukan semata menjadi lembaga pengawas, namun dapat pula memberikan sanksi secara langsung bagi ASN maupun oknum lainnya yang melakukan pelanggaran,”tandasnya. (m6/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy