Rapid Test Reaktif, Peserta SKB di Kolut Pakai APD – Kendari Pos
Kolaka Utara

Rapid Test Reaktif, Peserta SKB di Kolut Pakai APD


KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 147 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) di ruang kelas Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Lasusua, Selasa (15/9). Dua orang diantaranya harus menggunakan alat pelindung diri (APD) karena hasil rapid test-nya dinyatakan reaktif.

147 pelamar CPNS di Kolut mengikuti SKB, kemarin. Dua orang diantaranya harus menggunakan alat pelindung diri karena hasil rapid test-nya dinyatakan reaktif.

Salah satu peserta yang reaktif itu adalah GF (25), asal Desa Beringin Kecamatan Ngapa. Ia cukup bersemangat dan tenang di hadapan layar komputer menjawab soal-soal ujian meski menggunakan APD lengkap seorang diri di ruang terpisah. Wanita lulusan Universitas Wahid Hasyim, Semarang, itu mengaku, dirinya telah dua kali menjalani rapid test di Puskesmas Lapai dengan hasil reaktif. Kondisi itu menambah beban pikiran, karena saat secara bersamaan harus berkonsentrasi di hadapan komputer menjawab soal-soal ujian.

“Agak aneh juga. Sering kepikiran, tapi petugas kesehatan bilang tidak apa-apa, karena mungkin saja akibat kelelahan dan belum tentu hasilnya positif Covid-19,” tuturnya.

Meski GF terbebani secara psikologis, dirinya cukup kompetitif di ruang monitor ujian. Hasil SKB kemarin memerlihatkan ia mendapat nilai 360 dan rangking kedua untuk sementara. “Saya banyak belajar hadapi ujian dan yakin hasilnya memuaskan. Habis ujian ini saya akan lakukan swab,” optimis. Di tempat yang sama, Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kolut, Nurjaya, menjelaskan, semua peserta wajib menjalani rapid test sebagai syarat ikut SKB.

“Ada dua orang hasil rapid test-nya reaktif,” ungkapnya. Lanjut Nurjaya, pihaknya menyelenggarakan ujian dengan mengikuti protokol kesehatan ketat. Peserta yang reaktif disediakan ruang tersendiri dan menggunakan APD dan bahkan tidak diperkenankan bertanda tangan untuk mengisi daftar hadir. Panitia cukup menceklis bahwa benar bersangkutan hadir memgikuti SKB.

Total keseluruhan peserta SKB Kolut sebenarnya sebanyak 199 orang. Mereka diberi kesempatan oleh BKN agar bisa mengikuti tes di daerah masing-masing. Sesuai persebaran asal, tiga orang menjalani SKB di Palu, Jakarta dan Banjarmasin, dua di Manado, 25 di Kendari dan 22 orang lainnya di Makassar. “Tidak ada kendala. Soal listrik kami siapkan genset sendiri mengantisipasi jika padam. Ini tes akhir dan hasilnya akan diumumkan nanti,” pungkas Nurjaya. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy