RAG : Konsel Butuh Pemimpin Visioner! – Kendari Pos
Nasional

RAG : Konsel Butuh Pemimpin Visioner!

KENDARIPOS.CO.ID — “Konawe Selatan (Konsel) memiliki sumber daya alam yang luar biasa. Kalau dikelola dengan baik, maka hasilnya akan maksimal. Konsel tidak hanya akan menjadi dikenal di Sultra tapi juga di kancah nasional. Untuk mewujudkan itu, butuh pemimpin visioner. Dan itu ada pada pasangan Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae (RAG-SS),” ujar Rusmin saat berbincang dengan Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin di Lantai II Graha Pena Kendari Pos, Kamis (3/9) kemarin.

Bakal calon Bupati Konsel, Rusmin Abdul Gani (dua dari kiri) didampingi bakal calon Wakil Bupati Konsel, Senawan Silondae (kanan) bersama Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin (dua dari kanan) dan Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi (kiri) usai kunjungan silaturahmi di Graha Pena Kendari Pos Jalan Malik Raya, Kendari, Kamis (3/9) kemarin.

Bakal calon Bupati Konawe Selatan itu menjelaskan potensi kekayaan alam di Konsel dapat di eksplorasi untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Beragam potensi yang tersaji seperti pada aspek pertanian, peternakan, dan pertambangan adalah yang paling menonjol. Hanya saja pemanfaatannya belum begitu optimal.

Fenomena itulah yang membuatnya resah dan menabalkan diri ingin memimpin Konsel. Saluran untuk memimpin daerah, Rusmin Abdul Gani memilih tampil di palagan Pilkada dengan menggandeng Senawan Silondae sebagai bakal calon Wakil Bupati Konsel.

Menurut pria yang karib di sapa RAG itu, Kabupaten Konsel membutuhkan pemimpin visioner yang bisa menggenjot seluruh potensi daerah agar bisa di akomodir dengan baik untuk kemakmuran masyarakat. “Kita memiliki kekayaan alam yang belum terkelola dengan baik. Konsel membutuhkan pemimpin yang berpikir maju dan kreatif untuk bisa mengoptimalkan potensi tersebut.
Makanya saya hadir bersama Senawan Silondae sebagai calon kepala daerah di Konsel untuk melakukan perubahan yang berkemajuan,” ungkap Rusmin dan diamini tandemnya, Senawan Silondae.

Rusmin mengaku, kehadirannya bersama Senawan mendapatkan restu dari masyarakat dan gelombang dukungan begitu besar. “Ini sebuah modal kekuatan bertarung dan kami sangat optimistis menjadi kampiun di Pilkada nanti,”kata Rusmin Abdul Gani.

Titik letak polemik lainnya yang mendera, kata dia, yakni sulitnya akses bagi investor untuk bisa melakukan investasi. Selain itu, belum terjaminnya kondusifitas maupun keamanan bagi para pemilik modal untuk bergerak menanamkan modalnya khususnya pada aspek pertambangan. Sehingga saat ini, tingkat perekonomian Konsel bergerak lambat bahkan stagnan.

Tentu masalah ini tidak bisa dibiarkan berlarut berkepanjangan. Karena sangat erat kaitannya dengan perekonomian masyarakat. Harus ada gebrakan atau terobosan besar yang muaranya semata meningkatkan ekonomi. “Insya Allah jika terpilih nanti, saya bisa menuntaskannya dengan sigap dan berkualitas. Saya sangat yakin masyarakat menginginkan perubahan melalui pemimpin baru yang benar-benar visioner dan memahami akar permasalahan yang ada. Berbagai gagasan gemilang telah diramu sedemikian rupa untuk membangkitkan dan mendongkrak perekonomian masyarakat Konsel pada kasta yang tinggi,”terangnya.

Di sisi lain gugusan mata pencaharian masyarakat Konsel sekira 70 persen berkecimpung pada bidang pertanian. Namun produksi komoditas belum menonjol. Akhirnya terlihat ambigu. Padahal, tingkat kesuburan tanah sangat tinggi dan koheren serta efektif jika dimanfaatkan sebagai sarana menstimulus sektor pertanian.

Menurut Rusmin Abdul Gani, mesti ada penataan dan perbaikan terutama pada aspek penciptaan komoditas unggulan, yang nantinya bisa menjadi salah satu ikon kemajuan daerah. “Pada aspek pertanian, kami memiliki ide. Salah satunya pengadaan secara besar-besaran fasilitas penunjang yang dibutuhkan seperti benih, pupuk, alat-alat pertanian, dan termasuk tenaga ahli yang akan mendampingi para petani agar kegiatannya berjalan baik dan berhasil,” jelas Rusmin.

Termasuk memfasilitasi pangsa pasar untuk menadah hasil produksi petani dengan sistem harga di atas dari harga produksi agar petani mendapatkan keuntungan yang besar. “Target kami ke depan, akan menjadikan Konsel bukan saja sebagai lumbung padi di jazirah Sultra, tetapi bisa menjangkau Nasional. Terobosan ini akan sangat mempercepat proses pembangunan ekonomi masyarakat Konsel berkali-kali lipat,” imbuh CEO Ana Wonua Group itu.

Rusmin Abdul Gani menjelaskan, polemik krusial lainnya yang sedang terjadi, yakni kurangnya ketersediaan lapangan kerja. Yang mengakibatkan naiknya angka pengangguran yang cukup tinggi. Misi ke depan akan menciptakan lapangan kerja dengan daya serap sekira 30 ribu penduduk.

Jika itu terealisasi, akan menggenjot perekonomian masyarakat. Dan outputnya, masyarakat bisa sejahtera dan makmur. “Pengadaan lapangan kerja sangat penting dilakukan. Tujuannya untuk menekan angka pengangguran di Konsel. Selain itu, manfaat lainnya dapat mendistorsi pula angka kemiskinan,”paparnya.

Sementara itu bakal calon Wakil Bupati Konsel, Senawan Silondae menaruh perhatian pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) dengan mendirikan Universitas Industri Pertanian. Para generasi daerah harus menjadi insan-insan cerdas. Yang kedepannya siap melanjutkan estafet kepemimpinan membangun daerah.

Nantinya dengan kehadiran sebuah kampus, akan menjadi sarana sentral bagi SDM untuk menjadi insan yang cerdas, berkualitas dan benar. Juga akan mengakomodir masalah pengadaan asrama mahasiswa Konsel yang kuliah di luar daerah. “Misi tersebut merupakan satu kesatuan yang terintegrasi dengan konsep lainnya. Outputnya semata-mata untuk memajukan daerah,”tuturnya.

Ketua DPC PDIP Konsel itu menjelaskan, Konsel sangat ideal disulap menjadi kawasan industri. Karena ditunjang dengan sumber daya alamnya yang melimpah ruah. Pada aspek itu membutuhkan keberanian dan kekuatan untuk bisa mewujudkan kawasan industri. Termasuk memiliki jaringan luas berskala nasional dan internasional. “Dan seluruh kriteria itu, terdapat pada kami RAG-SS. Dan kami siap untuk mengaktualisasikannya demi kesejahteraan masyarakat,”tandasnya.

Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengapresiasi
atas kunjungan bakal calon Bupati Konsel, Rusmin Abdul Gani dan bakal calon Wakil Bupati Konsel, Senawan Silondae. Kunjungan tersebut mengindikasikan Harian Kendari Pos sangat terbuka kepada siapapun. “Yang tentunya pada ranah atau kapasitas penyaji informasi kredibel sesuai ketentuan tugas pokok masing-masing,” ujar Irwan Zainuddin didampingi Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi.

Irwan Zainuddin memuji pasangan tersebut adalah pasangan yang energik dan mewakili kaum milenial. Kendari Pos terbuka kepada semua elemen dan siap menjadi fasilitator dalam menyampaikan informasi ke publik. Termasuk program-program maupun kegiatan RAG-SS. “Kami berharap, komunikasi ini terus terjalin demi penataan dan pembangunan Konsel yang lebih baik,” harap Irwan Zainuddin. (m6/b)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy