Pulihkan Ekonomi, Sulkarnain Genjot Sektor Perikanan – Kendari Pos
Metro Kendari

Pulihkan Ekonomi, Sulkarnain Genjot Sektor Perikanan

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir terus berupaya memulihkan ekonomi yang sempat terpuruk lantaran pandemi covid-19. Satu persatu sektor yang terkena imbas mulai ditangani di Pemkot Kendari. Tidak hanya sektor wisata, perdagangan dan pertanian, namun sektor perikanan tetap menjadi perhatian serius

Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir (memegang denah) meninjau lokasi pengembangan budidaya karamba di kawasan Bungkutoko

Langkah Pemkot Kendari ini bukan tanpa alasan. Sektor perikanan cukup potensial. Apalagi sekitar 1.700 warga Kendari berprofesi sebagai nelayan. Tiap harinya, hasil tanpa nelayan yang diperdagangkan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sebanyak 10 ton.

Atas dasar itu, nelayan yang mendapat izin pertama pencabutan pembatasan aktivitas masyarakat akibat wabah corona. Selain pertimbangan ekonomi, aktivitas nelayan di laut dinilai memiliki resiko sangat kecil terhadap penularan covid-19 karena tidak bersentuhan dengan banyak orang.

“Laut ini adalah masa depan. Potensi ekonomi sangat luar biasa terkandung di dalamnya. Kami berharap, sektor perikanan menjadi stimulan ekonomi di Kota Kendari,” ungkap Sulkarnain Kadir.

Sektor perikanan menjadi bagian yang cukup menjanjikan dalam upaya pemulihan ekonomi daerah. Peningkatan potensi ekonomi di bidang perikanan telah dilakukan Pemkot Kendari. Diantaranya menyiapkan kawasan Bungkutoko sebagai kawasan budidaya ikan.

Selain itu, Pemkot juga telah menyediakan 144 petak jaring untuk pengembangan karamba. Pihaknya akan merencanakan penataan kembali balai benih perikanan yang ada di Kota Kendari.

“Dalam merangsang motivasi nelayan, kami turut menyalurkan bantuan baik daro Pemkot, provinsi maupun pusat kepada nelayan. Paling tidak , ada kurang lebih 1.355 nelayan yang diberikan stimulan bantuan tunai. Meskipun hanya Rp 300 ribu, namun respon mereka sangat luar biasa dan memberikan isyarat bahwa mereka sangat membutuhkan bantuan itu,” jelas Sulkarnain.

Pemkot Kendari terus berusaha maksimal memulihkan ekonomo di era pemulihan ekonomi nasional (PEN). “Kita sudah melewati beberapa fase, Sejak bulan Maret, kita berapa pada fase yang fokus di bidang kesehatan dalam penanganan covid-19. Kemudian masuk pada fase kebutuhan pangan,” ujarnya.

“Stimulan pangan ada sekira 60 ribu paket baik Pemerintah Kota, provinsi, pusat maupun lembaga dan individu disalurkan ke masyarakat. Kemudian kita masuk dalam fase situasi ekonomi. Sekarang kita pada fase pemulihan ekonomi daerah,” tambah Sulkarnain. (b/adv/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy