PT BPB Dihukum Lakukan Reklamasi – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

PT BPB Dihukum Lakukan Reklamasi

KENDARIPOS.CO.ID — Putusan Pengadilan Andolo, Konawe Selatan (Konsel) mengabulkan penggugat, Muhamad Juhir Silondae cs atas lahan Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Baula Petra Buana (BPB). Dalam sidang gugatan perdata yang dipimpin Majelis Hakim, Endra Hermawan SH menyatakan lahan seluas 45 hektar yang selama ini dikuasai PT BPB tidak sah secara hukum.

Atas dasar pertimbangan, Majelis menjatuhkan hukuman perusahaan tersebut mengembalikan atau memulihkan lokasi lahan yang selama ini telah dikeruk. Salah satunya dengan melakukan reklamasi. “Putusan ini berlaku berdasarkan Nomor Putusan 13 Pdt. G/ Tahun 2019,” tutur Majelis Hakim Pengadilan Negeri Andolo.

Pengacara Hukum Penggugat, Andri Dermawan mengatakan putusan tersebut sudah tepat. Hanya saja, Hakim tak mengabulkan permohonan lainnya. Dimana ada permohonan penggantian Inmateril dan materil senilai Rp 84 Miliar dari lahan yang diolah PT BPB sejak tahun 2016.

Andri Dermawan mengatakan akan mengajukan bukti-bukti baru untuk point permohonan tersebut. Misalkan bukti bahwa aktivitas tambang pengapalan yang dilakukan perusahaan tersebut.

“Semua yang dijual tersebut adalah milik klien saya. Jadi, seharusnya ada Inmateril dan Materil. Mereka melakukan aktivitas pertambangan dan diperkirakan mengirim 90 tongkang,” ujarnya.

Perkara gugatan ini telah diajukan sejak tahun 2019 dan baru putus Tahun 2020. Selama proses persidangan pihaknya telah mengajukan bukti-bukti kepemilikan lahan tersebut dari kliennya. Andri mengatakan, klaim lahan 45 hektar milik PT BPB tersebut tak berdasar. (b/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy