Progres Pengerjaan PHJD Capai 70 Persen, Ditarget Rampung Akhir Tahun 2020 – Kendari Pos
Metro Kendari

Progres Pengerjaan PHJD Capai 70 Persen, Ditarget Rampung Akhir Tahun 2020

KENDARINEWS.COM — Pengerjaan Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) di Sultra masih the track. Hingga September ini, progresnya telah mencapai 70 persen. Pengerjaan jalan ini meliputi sembilan ruas jalan di Sultra. Lima di wilayah daratan dan empat di kepulauan. Program yang digagas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) menelan anggaran Rp 70 miliar.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra, Abdul Rahim mengatakan proyek PHJD masih berjalan sesuai rencana baik di wilayah daratan maupun kepulauan. Pembangunan jalan dimaksduakan untuk mendukung kawasan strategis pariwisata nasional. Di mana substansinya adalah untuk meningkatkan kemantapan jalan. “Sejauh ini, masih on the track. Progersnya sudah mencapai 70 persen,” kata Abdul Rahim saat dikonfirmasi, Jumat (25/9).

PHJD ini kata dia, merupakan tahap II. Tahap pertama, proyek yang dibiayai KemenPU-PR menelan anggaran Rp 81 miliar. Tahun ini, anggarannya sekitar Rp 70 miliar. Untuk wilayah daratan meliputi ruas jalan Ununggu Kendari, Jalan Pangeran Antasari Kendari, Jalan Dewi Sartika, Batu Gong Batas Kota Kendari-Labibia, Batas Kota Kendari-Labibia Dr. Sutomo. “Anggaran yang disiapkan sendiri kurang lebih Rp 40 miliar,” jelasnya.

Untuk kepulauan yang terdiri empat ruas yakni jalan Kamaru-Lawele, Batas Kota Baubau-Buton Selatan (Busel), Batas Kota Baubau-Busel-Batauga, dan Batauga Sampolawa. Yang mana, anggarannya sekitar 30 miliar. “Sesuai target, pengerjaannya tuntas akhir tahun ini,” ujar mantan Kadis PU Kota Baubau ini.

Rahim menambahkan, PHJD dari pemerintah pusat kepada Pemprov atau Pemerintah Kabupaten/Kota sebagai upaya percepatan pencapaian target kondisi jalan yang baik di kawasan strategi nasional (KSN). “Dengan tujuan PHJD meningkatkan konektivitas berbasis koridor di kawasan strategi nasional, kemudian meningkatkan kemantapkan jalan provinsi dan kabupaten di wilayah KSN,” tutupnya. (b/rah)

Sembilan Ruas Jalan PHJD
Daratan
Jalan Unnunggu Kendari, 2,5 Km
Jalan Pangeran Antasari Kendari 2,4 Km
Jalan Dewi Sartika Kendari 4,3 Km,
Batu Gong-Labibia 3,6 Km,
Labibia- Jalan Dr Sutomo 7,2 Km.

Kepulauan

  1. Kamaru-Lawele
  2. Batas Kota Baubau-Buton Selatan
  3. Busel-Batauga
  4. Batauga-Sampolawa.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy